Bermitra dengan Indika, Foxconn Gelontorkan Rp 26,44 Miliar

Perusahaan asal Taiwan, Foxconn berinvestasi sebesar Rp 26,44 miliar untuk membentuk usaha patungan dengan Indika. Perusahaan patungan keduanya, akan bergerak di bisnis kendaraan listrik dan baterai.
Image title
25 September 2022, 08:10
Foxconn, Indika Energy, kendaraan listrik
Arief Kamaludin|Katadata
Ilustrasi, logo PT Indika Energy Tbk.

Foxconn Technology Group akan menginvestasikan US$ 1,75 juta atau setara dengan Rp 26,44 miliar (asumsi kurs Rp 15.112,1), untuk mendirikan usaha patungan dengan PT Indika Energy Tbk.

Usaha patungan antara keduanya, akan bergerak di bidang bisnis kendaraan listrik komersial dan baterai listrik di Indonesia.

Dengan investasi tersebut, perusahaan asal Taiwan ini, akan memegang 40% saham di perusahaan patungan, yang dinamakan PT Foxconn Indika Motor. Sementara, Indika Energy akan memiliki 60% kepemilikan.

Mengutip Taipei Times, Sabtu (24/9), kolaborasi ini merupakan perpanjangan dari nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) yang ditandatangani awal tahun ini, oleh Indika Energy, Foxconn, Gogoro Inc dan lainnya.

Advertisement

MoU ini dibuat untuk membangun rantai pasokan kendaraan listrik di ekonomi terbesar di Asia Tenggara.

Gogoro, di mana Foxconn memiliki 0,76% saham, adalah pemasok terbesar layanan pertukaran baterai dan produsen skuter listrik di Taiwan.

"Kolaborasi ini akan memberikan ekosistem kendaraan listrik yang komprehensif, dan bertujuan untuk mendukung Indonesia menjadi salah satu pengembang ekosistem kendaraan listrik dan baterai terkemuka," kata Chief Investment Officer Indika Energy Purbaja Pantja, dikutip dari Taipei Times.

Ia menjelaskan, perusahaannya mengincar potensi pertumbuhan yang kuat dari pasar mobilitas elektrifikasi nasional.

Indonesia sendiri telah menetapkan target untuk meningkatkan jumlah kendaraan listrik menjadi 2 juta, dan sepeda motor listrik menjadi 13 juta pada 2030.

"Usaha patungan ini menggarisbawahi komitmen Foxconn untuk mendukung mitra di Indonesia dalam tujuan bersama membangun ekosistem yang berkelanjutan," Chief Technology Officer Foxconn Troy Wu.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait