Luhut Minta Maaf Mobilitas Masyarakat Bali Dibatasi Jelang KTT G20

Abdul Azis Said
12 November 2022, 17:59
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) yang juga sebagai Ketua Bidang Dukungan Penyelenggaraan Acara G20, Luhut Binsar Pandjaitan memberikan keterangan pers di Media Center KTT G20 di Bali International Convention Center, Nusa Dua
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/M Risyal Hidayat/wsj/22.
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) yang juga sebagai Ketua Bidang Dukungan Penyelenggaraan Acara G20, Luhut Binsar Pandjaitan memberikan keterangan pers di Media Center KTT G20 di Bali International Convention Center, Nusa Dua, Badung, Bali, Sabtu (12/11/20. Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa KTT G20 pada 15-16 November mendatang akan dihadiri 17 orang kepala negara anggota G20 dan akan melibatkan lebih dari 3.443 orang delegasi.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memohon maaf kepada masyarakat Bali karena sejumlah kebijakan pembatasan mobilitas beberapa hari jelang KTT G20. Para pemimpin negara utama dunia, dari Amerika Serikat hingga Korea Selatan akan berkumpul di Bali pada 15-16 November 2022.

Luhut mengatakan, KTT G20 bukan hanya akan dihadiri 17 kepala negara anggota G20, tetapi juga delegasi negara dan lembaga internasional, pebisnis, aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), hingga jurnalis. Jumlah pengunjung KTT G20 dari berbagai negara diperkirakan hampir mencapai 13 ribu orang.

Advertisement

"Kepada warga Bali, saya mohon maaf apabila di sana sini terganggu kenyamanannya akibat pelaksanaan G20 ini, tentu kami tidak termasuk membuat teman-teman semua sulit, tetapi terkadang tidak dapat dihindari," kata Luhut dalam Konferensi Pers: Siap Sambut G20, Sabtu (12/11).

Ia menghimbau agar masyarakat membatasi aktivitas di luar rumah selama gelaran KTT G20. Aktivitas belajar mengajar, hingga pekerjaan didorong untuk bisa menerapkan work from home (WFH). Masyarakat diminta kembali WFH seperti halnya penerapan periode-periode sebelumnya sata kasus Civd-19 naik.

Luhut juga tak lupa meminta seluruh masyarakat Indonesia ikut mendoakan untuk kelancaran gelaran KTT G20 mendatang. Masyarakat  diminta memberikan dukungan dengan terus menjaga ketertiban masyarakat.

"Saya juga mengajak kita semua untuk terus menjaga wajah Indonesia di mata dunia, selaku tuan rumah maupun keketuaan G20. Selangkah lagi kita akan menuntaskan kepemimpinan Indonesia dalam arah G20 Mengajak dunia untuk pulih bersama, bangkit lebih kuat," kata Luhut.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement