Facebook Bakal Integrasikan WhatsApp dan Messenger untuk Rapat Online

Facebook akan mengintegrasikan WhatsApp dan Messenger dengan membuat satu fitur bernama Room yang mampu menampung 50 orang dalam satu panggilan video.
Image title
Oleh Cindy Mutia Annur
28 April 2020, 13:03
Ilustrasi, logo Facebook. Perusahaan platform media sosial Facebook berencana mengintegrasikan layanan WhatsApp dan Messenger Room sehingga membentuk satu fitur baru yang mampu menampung 50 orang dalam satu kali panggilan video.
Katadata
Ilustrasi, logo Facebook. Perusahaan platform media sosial Facebook berencana mengintegrasikan layanan WhatsApp dan Messenger Room sehingga membentuk satu fitur baru yang mampu menampung 50 orang dalam satu kali panggilan video.

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Facebook dikabarkan akan mengintegrasikan fitur video WhatsApp dengan Messenger Room, menjadi satu fitur baru yang dapat menampung 50 orang dalam satu obrolan video.

Perusahaan milik Mark Zuckerberg ini berencana menambahkan pintasan fitur ke aplikasi olah pesan tersebut, sehingga memberikan pengguna dua opsi panggilan video.

Mengutip IndiaToday, Senin (27/4), laporan WAbetainfo menyebutkan, WhatsApp sedang berupaya menambahkan opsi Messenger Room di opsi berbagi obrolan (chat share). Sementara, link ke Messenger Room juga akan ditambahkan pada tab panggilan (call) WhatsApp. Fitur baru ini dilaporkan terlihat di Android versi beta 2.20.139.

Pada tangkapan layar (screenshot) WAbetainfo, terlihat ketika pengguna memilih tombol 'Room' pada opsi berbagi (share), WhatsApp membuka jendela pop-up yang menjelaskan fitur itu secara terperinci.

Dijelaskan pula bahwa Room hanya dapat dibuat di Messenger Room dan setelah layanan itu dibuat, pengguna dapat mengirim tautan ke siapa pun bahkan jika mereka tidak memiliki WhatsApp atau Messenger.

Sebagai disclaimer, WhatsApp menyatakan bahwa meski fitur Room dilindungi oleh enkripsi dan kontrol privasi Messenger, namun tidak terenkripsi secara end-to-end.

(Baca: Saingi Zoom, Google dan Facebook Tambah Peserta Aplikasi Rapat Online)

Selain itu, pengguna dapat mengakses Room dengan mengetuk tombol panggilan. Sehingga, ketika pengguna memilih tombol panggilan, akan terlihat opsi Create a Room sebelum muncul semua kontak. Ketika pengguna memilihnya, WhatsApp akan meminta izin untuk membuka Messenger untuk membuat ruang obrolan Room.

Meski demikian, WAbetainfo melaporkan bahwa fitur Room ini masih dalam pengembangan dan akan tersedia untuk pengguna di masa yang akan datang.

Kehadiran fitur baru dari WhatsApp ini merupakan respons atas melonjaknya layanan video conference selama pandemi virus corona (Covid-19), seperti Zoom. Tak hanya WhatsApp, Google pun menambah jumlah peserta di aplikasi rapat online guna meningkatkan trafik di tengah pandemi virus corona.

Mengutip The Verge, Rabu (22/4), Google menambah jumlah peserta Hangouts Meet dari empat menjadi 16 orang, dengan tampilan dengan Zoom. Google juga mengembangkan layanan agar Hangout Meet bisa diakses melalui Chrome, dan kualitas videonya bakal ditingkatkan.

Sebelumnya, WhatsApp telah mengembangkan teknologi supaya bisa menambah jumlah peserta dalam panggilan video dan audio hingga delapan orang. Layanan ini berlaku di ponsel android maupun iOS.

(Baca: WhatsApp Tambah Peserta Panggilan Video, Siap Bersaing dengan Zoom)

Reporter: Cindy Mutia Annur

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait