Facebook, Google dan Apple Incar Bisnis Baru di Sektor Keuangan

Cindy Mutia Annur
21 April 2020, 10:53
Facebook, Google dan Apple Incar Bisnis Baru di Sektor Keuangan
Katadata
Ilustrasi Facebook dan Google

Raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) Google, Facebook, dan Apple melirik aliran pendapatan baru, yang pengembangannya cepat. Salah satu sektor yang diincar yakni keuangan.

Transaksi Sebagian layanan Facebook memang meningkat selama pandemi corona. Layanan panggilan video baik di Messenger maupun WhatsApp meningkat lebih dari dua kali lipat. Peningkatan ini bahkan belum pernah terjadi sebelumnya.

Begitu juga dengan Google. Namun, “kemungkinan besar mereka akan diperas oleh regulator AS dan Eropa (ketika pandemi virus corona berakhir),” demikian dikutip dari Forbes, akhir pekan lalu (19/4).

Sedangkan Apple memang terbantu oleh penjualan iPhone. Namun, pengiriman ponsel pintar (smartphone) ini melambat karena persaingan dan peningkatan anggaran, juga pandemi Covid-19.

(Baca: Apple Luncurkan Aneka Layanan Baru: Kartu Kredit, Gim, TV, dan Berita)

Karena itu, mereka mulai merambah pasar keuangan. Apple misalnya, mengumumkan empat layanan anyar pada Maret tahun lalu yakni televisi (TV), berita berlangganan, kartu kredit, dan paket gim (bundling game).

Kini, giliran Google yang mengembangkan kartu debit pintar (smart debit card) yang bakal menjadi pesaing Apple Card. Google bekerja sama dengan beberapa bank seperti CITI dan Stanford Federal Credit Union.

Berdasarkan laporan TechCrunch, kartu debit Google akan bisa digunakan untuk membeli dan mencatat pembelian. Kartu ini juga akan terintegrasi dengan sistem Google Pay.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...