Tak Sebar Virus Corona, Keran Impor Buah dari Tiongkok Tetap Dibuka

Dimas Jarot Bayu
4 Februari 2020, 21:12
virus corona, buah-buahan, impor, impor tiongkok, tiongkok
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Ilustrasi. Impor buah-buahan dari Tiongkok pada tahun lalu mencapai US$ 814,2 juta

Wabah virus corona membuat pemerintah mengambil langkah menghentikan impor produk-produk hewan dari Tiongkok. Namun, impor buah-buahan asal Negara Tembok Raksasa itu dipastikan tak akan terpengaruh lantaran virus tersebut diketahui hanya menempel pada manusia dan hewan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menjelaskan pemerintah tak akan menunda maupun mengkarantina buah impor dari Tiongkok. Namun,  pemeriksaan intensif akan dilakukan terhadap buah-buahan impor tersebut. 

"Mitigasinya dari bawah dari negara yang terkena suspect sudah mitigasi di situ," ujar  Syahrul di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (4/2).

Namun jika dalam pemeriksaan terdapat buah-buahan yang terkena virus corona, Syahrul memastikan pemerintah akan menyetop impor tersebut. 

(Baca: Cegah Penyebaran Corona, Impor Hewan Hidup Tiongkok Disetop Sementara)

Pemerintah memutuskan hanya menghentikan sementara impor hewan hidup dari Tiongkok. Keputusan tersebut diambil karena virus corona merupakan penyakit zoonosis yang penyebarannya melalui manusia dan hewan.

“Kebijakan pemerintah melarang impor live animal dari Tiongkok. Kalau ada yang sekarang dikirim ke Indonesia akan kami kembalikan,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...