Inflasi AS November Tertinggi dalam 4 Dekade, Bagaimana Tapering Off?

Agustiyanti
11 Desember 2021, 10:51
inflasi, inflasi AS, amerika, suku bunga, bunga amerika
ANTARA FOTO/REUTERS/Caitlin Ochs/aww/cfo
Ilustrasi. Indeks harga konsumen pada November mengalami inflasi 0,8% dibandingkan Oktober.

Amerika Serikat mencatatkan indeks harga konsumen AS mengalami inflasi mencapai 6,8% secara tahunan pada November 2021, tertinggi dalam empat dekade terakhir. Kenaikan inflasi AS memicu kekhawatiran kebijakan tapering off akan dilaksanakan dalam laju yang lebih cepat, demikian dengan kenaikan suku bunga. 

Mengutip Bloomberg, Departemen Tenaga Kerja mencatatkan indeks harga konsumen juga mengalami inflasi 0,8% pada bulan lalu dibandingkan Oktober. Angka inflasi ini tak berbeda jauh dari survei yang dilakukan Bloomberg terhadap para ekonom yakni 6,8% secara bulanan dan 0,7% secara tahunan. 

Bursa saham AS menghijau setelah data inflasi yang dirilis sesuai dengan ekspektasi para ekonom. Ini berbeda dengan kenaikan inflasi yang mengejutkan pada bulan-bulan sebelumnya. Sementara itu, imbal hasil obligasi AS dan dolar jatuh setelah rilis data tersebut. 

Kenaikan inflasi mencerminkan kenaikan harga yang luas di sebagian besar kategori, mirip dengan laporan bulan sebelumnya. Bensin, tempat tinggal, makanan dan kendaraan merupakan penyumbang inflasi terutama secara bulanan. 

 

Data ini memperkuat ekspektasi bahwa The Fed akan mempercepat jadwal penghentian program pembelian obligasi pada pertemuan terakhir bank sentral tahun ini yang digelar minggu depan. Bank sentral di seluruh dunia kini berada di bawah tekanan yang meningkat untuk mengatasi kenaikan inflasi karena para pekerja mulai membelanjakan uangnya. 

“Angka  inflasi ini terus menekan Federal Reserve,” Kathy Bostjancic, kepala ekonom keuangan AS di Oxford Economics. 

Ia memperkirakan inflasi akan tetap tinggi hingga kuartal pertama tahun ini.

Tapering off yang lebih cepat akan membuka pintu bagi The Fed untuk menaikkan bunga lebih cepat. Namun, investor memangkas taruhan pada curamnya kenaikan Fed pada tahun 2022, menunjukkan bahwa ada peluang yang lebih kuat inflasi akan melambat. Ini terutama mengingat inflasi bulanan pada November lebih kecil daripada pada Oktober. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...