AS Resmi Larang Impor Minyak Rusia, Harga Minyak Dunia Melonjak

Agustiyanti
9 Maret 2022, 07:00
harga minyak, harga minyak dunia, minyak, perang rusia ukraina, impor minyak rusia
ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque/AWW/djo
Presiden AS Joe Biden mengumumkan larangan impor minyak dan energi lainnya dari Rusia pada Selasa (8/3).

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengumumkan larangan impor minyak dan energi lainnya dari Rusia sebagai pembalasan atas invasi Moskow ke Ukraina. Langkah ini diakui Biden akan mengerek harga energi di AS yang tengah mengalami lonjakan inflasi dalam setahun terakhir. 

"Kami melarang semua impor energi minyak dan gas Rusia. Itu berarti minyak Rusia tidak lagi dapat diterima di pelabuhan AS dan rakyat Amerika akan memberikan pukulan kuat lainnya kepada mesin perang (Presiden Rusia Vladimir) Putin." kata Biden kepada wartawan di Gedung Putih pada Selasa (8/3), seperti dikutip dari Reuters. 

Advertisement

Kebijakan ini mendorong harga minyak naik. Berdasarkan data Reuters hingga pukul 06.40 WIB, harga minyak Brent pagi naik 1,33% ke level US$ 125,35 per barel, sedangkan harga minyak AS WTI melonjak 5,08% ke level US$ 129,47 per barel. 

Biden telah bekerja dengan sekutu di Eropa, yang jauh lebih bergantung pada minyak Rusia, untuk mengisolasi Putin dan ekonomi Rusia yang padat energi. Inggris mengumumkan sesaat sebelum pernyataan Biden bahwa mereka akan menghentikan impor minyak dan produk minyak Rusia hingga akhir tahun 2022.

Biden mengatakan sanksi yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat dan sekutunya telah menyebabkan kejatuhan pada ekonomi Rusia. Dia mengatakan langkah terbaru telah dilakukan melalui konsultasi erat dengan sekutu dan mitra di seluruh dunia.

 

Biden mengatakan sanksi yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat dan sekutunya telah menyebabkan kejatuhan pada ekonomi Rusia. Dia mengatakan langkah terbaru telah dilakukan melalui konsultasi erat dengan sekutu dan mitra di seluruh dunia.

 

Rusia mengekspor antara 4 dan 5 juta bbls minyak mentah per hari dan sekitar 8.500 miliar kaki kubik gas alam per tahun. Berdasarkan data  Administrasi Informasi Energi, Amerika Serikat mengimpor rata-rata lebih dari 20,4 juta barel minyak mentah dan produk olahan per bulan dari Rusia pada tahun 2021, sekitar 8% dari impor bahan bakar cair AS.

Larangan tersebut diperkirakan akan mendorong harga bensin yang sudah tinggi dan inflasi kian melonjak. Amerika Serikat juga mengimpor sejumlah kecil batu bara dari Rusia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement