Harga BBM Pertamina Dianggap Termasuk Paling Murah di Dunia

Agustiyanti
10 April 2022, 15:21
pertamina, harga pertamax, pertamax, bbm, kenaikan harga BBM
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/foc.
Ilustrasi. Pertamina menaikkan harga Pertamax dari Rp 9.000 menjadi Rp 12.500 per liter mulai 1 April.

PT Pertamina menaikkan harga bahan bakar minyak atau BBM jenis Pertamax mulai 1 April 2022 dari Rp 9.000 menjadi Rp 12.500 per liter.  Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah menyatakan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax tak dapat dihindarkan karena harga minyak dan gas (migas) dunia memang melambung akibat perang Rusia-Ukraina.

"Namun begitu walau pun naik, sebenarnya harga Pertamax termasuk paling murah di dunia,” kata Piter pada Minggu (10/4), seperti dikutip dari Antara. 

Ia menekankan, masyarakat harus paham kenaikan harga harus dilakukan. Selain itu, kenaikan harga hanya diberlakukan untuk BBM nonsubsidi, yakni Pertamax yang sebenarnya ditujukan untuk masyarakat kelas menengah ke atas.

"Itu pun volume penjualan Pertamax juga kecil, hanya 14% dari total penjualan BBM Pertamina," kata dia.

Di sisi lain, pemerintah tidak menaikkan harga BBM dan LPG subisidi, termasuk Pertalite, Biosolar, dan gas melon yang notabene ditujukan untuk kalangan menengah ke bawah, hingga saat ini tidak terjadi kenaikan harga.

Piter menjelaskan, harga baru Pertamax Rp12.500 per liter sebenarnya juga  masih jauh di bawah harga keekonomian Rp 16.000 per liter. Dengan demikian, Pertamina sebenarnya masih memberikan subsidi pada Pertamax Rp3.500 per liter. 

"Dengan segala kondisi ini, bisa dipahami bahwa kebijakan kenaikan harga Pertamax sudah tepat. Makanya, saya pikir tinggal bagaimana pemerintah bisa mengkomunikasikan dengan baik terkait kondisi yang ada saat ini. Itu tantangannya,” kata Piter.

Mengutip data Global Petro Prices, Piter menyebut harga Pertamax yang dijual Rp12.500 per liter jauh lebih murah dibandingkan BBM sejenis negara-negara ASEAN. Di Singapura, BBM serupa Pertamax dipatok Rp 30.208 per liter, Laos Rp24.767 per liter, Filipina Rp20.828 per liter, Kamboja  Rp20.521 per liter, Thailand Rp19.767/liter, dan Vietnam Rp16.500/liter.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...