Komite Sekuritas AS Sebut Perlindungan Terhadap Investor Kripto Lemah

Agustiyanti
17 Mei 2022, 14:52
Ilustrasi Bitcoin. bitcoin, investor, perlindungan investasi
Unsplash/Aleksi Raisa
Ilustrasi. Bitcoin diperdagangkan di harga US$ 30.000, jauh di bawah rekor tertingginya sebesar US$ 69.000 pada 10 November.

Pasar mata uang kripto ambruk akibat inflasi tinggi dan kenaikan suku bunga Amerika Serikat.

Orang yang membeli kripto pada umumnya tidak mendapatkan pengungkapan yang mereka peroleh ketika melakukan pembelian aset lainnya. 

“Investor memang dapat membuat pilihan tentang risiko yang  diambil, tetapi seharusnya ada pengungkapan penuh dan adil, dan orang-orang tidak seharusnya berbohong kepada Anda," katanya di Financial Industry Regulatory. Konferensi tahunan otoritas di Washington.

Komentarnya muncul setelah keruntuhan spektakuler TerraUSD pada pekan lalu, yang disebut stablecoin. Kejatuhan token ini mendorong pasar uang kripto ambruk. Bitcoin diperdagangkan di harga US$ 30.000, jauh di bawah rekor tertingginya sebesar US$ 69.000 pada 10 November. 

Gensler mengatakan, pasar kripto dianggap terdesentralisasi. Namun kenyataannya, sebagian besar aktivitas terjadi pada beberapa platform perdagangan, yang bersama dengan penerbit token, perlu bekerja dengan SEC untuk meningkatkan aturan dan pengungkapan industri.

Dia mengingatkan pada prinsip-prinsip pasar dasar seperti, anti penipuan, anti-manipulasi, memastikan tidak ada yang mendahului, serta memastikan keuangan benar-benar nyata dan tidak dibuat-buat.

Ia memastikan SEC akan terus menjadi polisi yang siap sedia, saat bekerja dengan Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas untuk memastikan semua mata uang kripto aman.

"Ada banyak yang harus dilakukan di sini, dan sementara itu publik investor tidak terlindungi dengan baik," katanya.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...