PDIP Ungkap Alasan Sulit Berkoalisi dengan PKS

Image title
5 Juli 2022, 08:31
PDIP, PKS, koalisi, pemilu 2024
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyampaikan pidato politiknya saat Penutupan Rakernas II PDIP di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta, Rabu (23/6/2022). PDIP menutup pintu koalisi dengan PKS.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menutup peluang koalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Sikap ini disebut Politikus PDIP Masinton Pasaribu merupakan cerminan dari gerakan akar rumput.

Ia menjelaskan, salah satu penyebab sulitnya PDIP berkoalisi dengan PKS karena perbedaan posisi dalam koalisi pemerintahan saat ini. PDIP menjadi partai pengusung Presiden Joko Widodo dalam Pemilu 2019, sedsangkan PKS  berada di luar koalisi pemerintahan.

Advertisement

“Ya, itu salah satunya,” kata Masinton pada Senin (4/7).

Selain itu, menurut dia, terdapat beberapa ketidakcocokan antara PDIP dan PKS yang menyebabkan sulitnya kedua partai berkoalisi. Beberapa di antaranya terkait pendekatan, strategi, hingga langgam gerak di tingkat bawah.

Masinton mengungkapkan bahwa kedua partai sebelumnya pernah melakukan kerja sama dalam momen Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Namun, kedua partai tak menemukan chemistry. 

“Contoh kalau Pilkada elitnya koalisi, di bawahnya sulit koalisi. Gerak masing-masing jadinya,” ujarnya.

Masinton juga menyampaikan bahwa PDIP sebenarnya sulit berkoalisi dengan Partai Demokrat yang kini juga berada di luar koalisi pemerintahan. Namun, menurut dia, koalisi dengan PKS cenderung lebih sulit untuk dilakukan ketimbang dengan Demokrat.

“Kalau sulit, masing-masing punya kesulitan. Kalau PKS secara ideologis juga sulit,” katanya.

Meski sulit berkoalisi dengan PKS, tak berarti bahwa PDIP menutup peluang untuk berkoalisi dengan partai agamis. Salah satu partai berideologi agamis yang mulai dilirik yaitu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang memiliki basis pendukung dari Nahdlatul Ulama (NU).

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement