BCA Ingatkan Nasabah Tukar Kartu ATM ke Chip Sebelum 1 Desember

Kartu debit/ATM BCA yang masih menggunakan pita magnetik tidak akan lagi dapat berfungsi untuk melakukan transaksi mulai 1 Desember 2021.
Image title
19 Oktober 2021, 08:00
BCA, kartu chip bca, saham bbca
Arief Kamaludin|KATADATA
Kartu debit non-chip yang harus segera diganti mencakup kartu ATM BCA dan Paspor BCA lama yang menggunakan teknologi magnetic strip.

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mengingatkan kepada para nasabahnya untuk segera mengganti kartu ATM chip. Kartu debit/ATM BCA yang masih menggunakan pita magnetik tidak akan lagi dapat berfungsi untuk melakukan transaksi mulai 1 Desember 2021. 

“Demi kenyamanan transaksi, segera tukar kartu debut anda menjadi kartu debit chip di CS digital, halo BCA, dan kantor cabang. Batas akhir penukaran tanggal 1 Desember 2021,” demikian tertulis dalam akun resmi Twitter Bank BCA. 

Kartu debit non-chip mencakup kartu ATM BCA dan Paspor BCA lama yang menggunakan teknologi magnetic strip. BCA dalam keterangan di situs resminya menjelaskan, ada tiga alasan mengapa nasabah harus mengganti kartu debit ke chip: 

1. Banyak keuntungan 

Jika beralih ke Kartu Debit BCA berteknologi chip, misalnya kartu Mastercard, nasabah tidak hanya bisa melakukan transaksi di ATM dan mesin EDC. Nasabah juga dapat melakukan transaksi debit online, dengan cara mengaktifkan fiturnya melalui BCA mobile sehingga dapat membayar belanja online, berlangganan streaming musik/film, hingga membeli voucher game di berbagai platform yang menyediakan pembayaran dengan Mastercard.

2. Mendukung kebijakan BI

Sejak 2015, Bank Indonesia sudah mencanangkan implementasi standar nasional teknologi chip dan penggunaan 6 digit PIN untuk kartu ATM/kartu debit yang diterbitkan di Indonesia

3. Mengurangi risiko kejahatan kartu

Kartu debit on chip yang menggunakan tekonologi magnetic strip secara teknologi lebih mudah di-copy. Oleh karena itu, risiko pencurian data lewat magnetic strip pada kartu atau skimming lebih besar, dibandingkan kartu debit chip yang secara teknologi lebih maju dan aman.

Adapun terdapat tiga cara yang dapat dilakukan nasabah BCA untuk mengganti kartu ATM//Debit non-chip ke chip, yakni: 

  • Datang ke Kantor Cabang BCA terdekat

Penggantian ke Kartu Debit Non Chip ke Kartu Debit Chip dapat dilakukan di seluruh kantor cabang BCA di seluruh Indonesia.

  • Melalui Layanan CS Digital BCA

CS Digital adalah layanan Customer Service (CS) bagi setiap nasabah BCA yang ingin melakukan transaksi perbankan dalam satu mesin digital secara self service di cabang. 

  • Menghubungi Halo BCA 1500888

Informasi lebih lanjut terkait syarat dan ketentuan penggantian kartu debit non-chip ke chip dapat menelepon Halo BCA.

Penggantian atau penukaran kartu debit non-chip ke chip BCA ini tidak dikenakan biaya atau gratis,

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait