PKS Ingin Amendemen UUD 1945 DIlakukan Saat Oposisi Kuat

Image title
15 Agustus 2019, 11:28
amendemen UUD 1945, PKS, MPR, Parpol, oposisi
Katadata | Arief Kamaludin
Suasana sidang MPR. PKS ingin amendemen UUD 1945 dilakukann saat oposisi kuat.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyarankan agar amendemen Undang-Undang Dasar 1945 dilakukan dalam kondisi partai politik oposisi yang kuat. Kondisi oposisi yang lemah seperti saat ini dikhawatirkan memungkinkan salah satu pihak memasukkan agenda gelapnya melalui mekanisme pemungutan suara (voting).

Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKS Mardani Ali Sera mengatakan oposisi harus kuat agar ide-ide yang bertentangan dengan semangat reformasi tidak diakomodasi dalam perubahan dasar negara. Ia khawatir Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) kembali menjadi lembaga tertinggi negara yang bertentangan dengan kedaulatan rakyat.

"Kalau mau amendemen didampingi oposisi kuat dengan (perbandingan suara pemerintah dan oposisi) 60%:40% bagus, 55%:45% lebih bagus," kata Mardani kepada Katadata.co.id, Rabu (15/8) kemarin.

(Baca: Panasnya Wacana Amendemen UUD 1945 dan Kembalinya GBHN)

Saat ini baru PKS yang menyatakan diri sebagai oposisi pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin 2019-2024. Parpol lainnya seperti Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), hingga Demokrat belum menentukan apakah akan menjadi oposisi atau bergabung dengan pemerintahan Jokowi.

PKS sampai saat ini masih mengkaji perlu tidaknya amendemen UUD 1945. Meski demikian, ia mengapresiasi pernyataan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang memperingatkan risiko perubahan terbatas pada konstitusi tertinggi negara. "Dengan kondisi politik terbelah dan koalisi sangat gemuk, ini bukan waktu ideal," ujar Mardani.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ramadhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...