Rekor 1.043 Kasus Baru Corona di RI, Terbanyak Berasal dari Jakarta

Lonjakan kasus positif corona di Jakarta merupakan yang tertinggi sejak pertama kali diumumkan Maret lalu.
Dimas Jarot Bayu
9 Juni 2020, 16:50
Jakarta, virus corona, covid-19
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/wsj.
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di gedung Museum Nasional, Jakarta, Senin (8/6/2020). Pemerintah laporkan tambahan kasus baru Covid-19 terbanyak di RI berasal dari jakarta sebanyak 232 kasus.

Jumlah kasus positif virus corona Covid-19 kembali mencapai rekor harian tertinggi, yakni 1.043 orang.  Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, provinsi dengan tambahan kasus positif terbanyak adalah Jakarta dengan jumlah 232 orang. 

Lonjakan angka positif corona di Ibu Kota merupakan yang tertinggi sejak pertama kali diumumkan Maret lalu.  Jumlah ini meningkat lebih dari tiga kali lipat dibandingkan hari Senin (8/6) yakni 89 kasus baru.

“Namun bersamaan dengan itu, dilaporkan 165 orang telah sembuh (di Jakarta),” kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Covid-19 Achmad Yurianto di Gedung BNPB, Jakarta, Selasa (9/6).

(Baca: Rekor 1.043 Kasus Baru, 33.076 Orang di RI Positif Terkena Corona)

Advertisement

Provinsi dengan tambahan kasus positif corona terbanyak kedua adalah Jawa Timur dengan tambahan 220 orang. Di Sulawesi Selatan, Yurianto menyebut ada 180 kasus baru. Sementara jumlah infeksi Covid-19 di Kalimantan Selatan bertambah 91 orang.

“Di Sulawesi Utara (tambahan kasus corona sebanyak 41 orang dan tidak ada laporan hari ini sembuh,” kata Yurianto.

Penambahan kasus corona juga terdapat di Jawa Tengah sebanyak 32 orang. Di Sumatera Selatan, ada tambahan 30 kasus pada hari ini. Kemudian ada tambahan 25 kasus infeksi Covid-19 di Jawa Barat. Sedangkan di Kalimantan Barat, ada tambahan 24 kasus corona baru.

Ada pula tambahan kasus corona sebanyak 19 orang masing-masing di Bangka Belitung dan Sumatera Barat. Di Kalimantan Tengah dan Papua, ada tambahan kasus Covid-19 masing-masing sebesar 18 orang.

Selain itu sebanyak 15 kasus corona baru dilaporkan berada di Banten. Di Bali, kasus positif Covid-19 bertambah 14 orang. Kenaikan 13 kasus positif corona pada hari ini berasal dari Kalimantan Timur.  Sedangkan di Sumatera Utara ada peningkatan 11 kasus positif.

Lebih lanjut, ada 10 provinsi yang tambahan kasus positif coronanya pada hari di bawah 10 orang. Wilayahnya terdiri dari Nusa Tenggara Barat (8), Maluku (8), Gorontalo (5), Sulawesi Tenggara (4), Maluku Utara (4), Papua Barat (4), Lampung (3), Yogyakarta (2), Riau (2), dan Kalimantan Utara (1). “Ada tujuh provinsi yang melaporkan hari ini tanpa kasus baru,” kata Yurianto.

Lebih lanjut, Yurianto mengumumkan ada 510 orang yang telah dinyatakan sembuh dari corona pada hari ini. Alhasil, total pasien yang sembuh di Indonesia sebanyak 11.414 orang. “Kasus meninggal 40 orang, sehingga total menjadi 1923 orang,” kata Yurianto.

Adapun, Yurianto menyebut sebanyak 38.934 orang dalam pemantuan (ODP). Ada 14.108 orang yang saat ini masuk kategori pasien dalam pengawasan (PDP).

(Baca: Tahun Ajaran Baru Mulai 13 Juli, Kapan Sekolah di DKI Akan Dibuka?)

Reporter: Dimas Jarot Bayu
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait