Di Depan Jokowi, Ketua DPR Puan Meminta UU Era Kolonial Segera Diganti

Rizky Alika
14 Agustus 2020, 11:01
dpr, UU, puan maharani
Pool/BiroPemberitaanParlemen
Ketua DPR Puan Maharani menyampaikan pidato pengantar dalam rangka Sidang Bersama DPR-DPD di Ruang Rapat Paripurna, Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (14/8/2020).

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani mengatakan perundangan yang berlaku sejak zaman kolonial perlu diganti dengan produk baru. Hal ini disampaikan dalam Sidang Bersama DPR dan DPD yang turut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (14/8).

Menurutnya, penggantian produk hukum tersebut perlu mempertimbangkan dan menyesuaikan dengan nilai-nilai budaya, sosial, dan sosiologis bangsa Indonesia. Sebab, lanjut dia, kebutuhan regulasi akan selalu mengikuti perkembangan zaman.

Advertisement

"Sudah saatnya produk-produk hukum warisan zaman kolonial dapat digantikan oleh produk hukum Indonesia yang merdeka," kata Puan dalam pidatonya di Gedung Parlemen, Jakarta, Jumat (14/8).

Puan juga meminta produk hukum yang dihasilkan selalu berlandaskan pada Pancasila sebagai landasan filosofi, UUD 1945 sebagai landasan yuridis, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika. Tak hanya itu, rasa keadilan dalam masyarakat perlu dijadikan sebagai landasan sosiologis.

Ia juga menekankan semangat Indonesia Maju perlu menjadi tujuan bersama dalam pembangunan hukum nasional. "Produk hukum yang dihasilkan harus mampu mendukung tujuan bernegara," ujar dia.

Puan tidak menyebut apa saja UU zaman kolonial yang perlu dirombak. Namun pemerintah bersama dewan sedang menyusun omnibus law untuk merombak 1.244 pasal dari 79 Undang-Undang.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement