Gelar KTT, Biden Ajak Jokowi hingga Putin Cari Solusi Masalah Iklim

Rizky Alika
22 April 2021, 13:52
biden, amerika serikat, iklim, jokowi, tiongkok
ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque/FOC/sa.
Kevin Lamarque Presiden AS Joe Biden berbicara di Auditorium Pengadilan Selatan di Gedung Putih di Washington, AS, Senin (25/1/2021). Biden menggelar KTT Iklim pada 22 hingga 23 April untuk mencari solusi masalah perubahan iklim.

Presiden Joe Biden akan mempertemukan puluhan pemimpin dunia bersama dengan eksekutif perusahaan, kepala serikat pekerja, dan Paus Fransiskus dalam pertemuan virtual Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Iklim pada Kamis (22/4) hingga Jumat (23/4). Acara yang berlangsung selama dua hari itu bertujuan untuk menghidupkan kembali perjuangan global dalam melawan perubahan iklim serta memulihkan kredibilitas AS dalam masalah ini.

Seperti dikutip dari Bloomberg, kepala negara dari 40 negara telah setuju untuk menghadiri acara tersebut. KTT Iklim ini akan dimulai pada Kamis (22/4), bertepatan dengan jatuhnya Hari Bumi.

Beberapa Kepala Negara yang diundang adalah Presiden Tiongkok Xi Jinping, Presiden Rusia Vladimir Putin, hingga Perdana Menteri India Narendra Modi. Presiden Joko Widodo juga termasuk menjadi salah satu pemimpin dunia yang diundang.

 Sekitar 18 pejabat eksekutif dari pemerintah AS, termasuk Menteri Luar Negeri Antony Blinken dan Menteri Keuangan Janet Yellen juga akan berpartisipasi dalam KTT. Begitu pula dengan para eksekutif dari Citigroup Inc., Bank of America Corp., pembuat kendaraan listrik Proterra Inc., dan perusahaan lainnya.

Adapun, pertemuan itu akan mendorong aksi iklim yang lebih agresif untuk membatasi kenaikan suhu rata-rata hingga 1,5 derajat Celcius (2,7 derajat Fahrenheit). Dalam kesempatan tersebut, Biden akan membuktikan AS berkomitmen untuk melakukan pengurangan emisi gas rumah kaca. 

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...