Pemerintah Soroti Kepatuhan Pakai Masker di Jakarta Hanya 65%

Rizky Alika
24 Mei 2021, 20:21
jakarta, covid-19, 3m, masker, airlangga
ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/hp.
Dua orang warga tidak menggunakan masker saat melintas di daerah Sudirman, Jakarta, Sabtu (16/1/2021). Pemerintah menyebut kepatuhan bermasker di Jakarta hanya 65%.

Pemerintah terus meminta masyarakat meningkatkan kepatuhan dalam menggunakan masker demi mencegah penularan Covid-19. Salah satu lokasi yang menjadi sorotan adalah Provinsi DKI Jakarta lantaran kepatuhannya hanya 65%.

Selain DKI, tingkat kepatuhan penggunaan masker di Sumatera Utara sebesar 62,76%, Riau 67%, Kepulauan Riau 70%, Jawa Barat 73%, Jawa Tengah 75%, Jawa Timur 87%, dan Bali 88,89%. Dengan tingkat kepatuhan di bawah 70% tersebut, pemerintah akan kembali mengingatkan kepatuhan protokol kesehatan.

"DKI (kepatuhannya) 65%. Perlu ditingkatkan," kata Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (24/5).

Airlangga menambahkan, kasus positif corona mengalami peningkatan usai libur lebaran. Rata-rata tambahan kasus Covid-19 berkisar 5 ribu kasus per hari, naik dari sebelumnya kisaran 3.800-4.000 kasus per hari.

Untuk itu, pemerintah akan memerhatikan kenaikan kasus dalam beberapa minggu ke depan. "Contoh saat libur Natal dan tahun baru, kasus tertinggi naik pada 5 Februari jadi kami monitor 4-5 minggu ke depan," katanya.

Di saat yang sama, Wakil Menteri Kesehatan Danto Saksono mengingatkan disiplin protokol kesehatan selama beberapa waktu ke depan. Sebab, ia memperkirakan peningkatan kasus Covid-19 akan terjadi hingga pertengahan Juni mendatang.

"Kombinasi faktor mobilisasi (usai Lebaran) dan mutasi virus sebabkan kasus akan meningkat beberapa saat ke depan," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...