Kemenkes Jamin Keamanan Vaksin AstraZeneca untuk Warga Usia 18 Tahun

Rizky Alika
9 Juni 2021, 13:41
vaksin, covid, virus corona, kemenkes, astrazeneca
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Petugas kesehatan menunjukkan vaksin COVID-19 AstraZeneca di Sentra Vaksinasi Central Park dan Neo Soho Mall, Jakarta Barat, Sabtu (8/5/2021).

Warga DKI Jakarta berusia 18 tahun ke atas sudah diizinkan untuk menerima vaksin Covid-19. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pun memastikan keamanan vaksin yang akan digunakan, yaitu vaksin AstraZeneca.

Kemenkes telah mengizinkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memperluas sasaran vaksinasi kepada seluruh penduduk usia 18 tahun ke atas. Hal tersebut tertuang dalam Surat Kemenkes Nomor SR/02.04/III/496/2021.

Surat itu menindaklanjuti surat Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Nomor 6209/-1.772 tanggal 5 Juni 2021 tentang Persetujuan Pelaksanaan Vaksinasi Tahap 3 di DKI Jakarta.

"Iya (aman). Sampai saat ini, BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dan Itagi (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization) belum mengubah aturan dan rekomendasinya," kata Juru Bicara vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi saat dihubungi Katadata.co.id, Rabu (9/6).

Namun, pemerintah provinsi diminta untuk tetap memprioritaskan vaksinasi kepada tenaga kesehatan dan tenaga penunjang di fasilitas layanan kesehatan. Selain itu, prioritas juga tetap dilakukan kepada masyarakat lanjut usia, petugas pelayanan publik, dan kelompok masyarakat rentan seperti mereka yang tinggal di daerah kumuh, orang dengan gangguan jiwa, dan lansia.

Keputusan itu diterbitkan dengan mempertimbangkan tingginya transmisi penularan penyakit di Jakarta. Berdasarkan data pada 6 Juni, total kasus positif di ibu kota sebesar 435.135 kasus dengan kasus aktif sebanyak 11.516.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...