18 dari 24 Pegawai KPK yang Tak Lolos TWK Ikut Diklat Bela Negara

Rizky Alika
21 Juli 2021, 12:50
kpk, tes kebangsaan, twk
Antara/Benardy Ferdiansyah
Gedung KPK. Sekjen KPK Cahya Harefa pada Rabu (21/7) mengatakan 18 dari 24 pegawai KPK bersedia ikut diklat bela negara.

Sebanyak 24 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang tak lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) direncanakan mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (diklat) Bela Negara dan Wawasan Kebangsaaan. Dari jumlah itu, hanya 18 pegawai yang bersedia untuk mengikuti diklat.

Lembaga anti rasuah bekerja sama dengan Kementerian Pertahanan dalam pelaksanaan program tersebut. Diklat menjadi syarat agar pegawai yang tak lolos TWK dapat diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Advertisement

"Tercatat 18 orang telah bersedia dengan menandatangani formulir kesediaan untuk mengikuti diklat tersebut," kata Sekjen KPK Cahya H Harefa kepada wartawan, Rabu (21/7).

Dari 18 pegawai yang bersedia, 16 orang akan mengikuti diklat secara langsung, sedangkan 2 pegawai yang menjalani isolasi mandiri Covid-19 akan mengikuti diklat secara daring. Diklat bagi pegawai KPK akan digelar di Universitas Pertahanan Sentul, Bogor mulai 22 Juli hingga 30 Agustus 2021.

Adapun, materi diklat meliputi studi dasar, inti, dan pendukung. Studi dasar mencakup wawasan kebangsaan (4 Konsensus Dasar Negara), Sishankamrata, kepemimpinan berwawasan bela negara, serta pencegahan dan penanggulangan terorisme/radikalisme dan konflik sosial.

Sementara, studi inti berisi pengembangan nilai-nilai dan keterampilan dasar bela negara. Sedangkan studi pendukung berisi antara lain pelaksanaan upacara pembukaan dan penutupan, muatan lokal (KPK), serta bimbingan dan pengasuhan.

KPK berharap, diklat tersebut dapat menciptakan dan menumbuhkembangkan kesadaran bela negara pada pegawai. "Serta wawasan kebangsaan bagi Insan KPK dalam menjalankan tugas-tugas pemberantasan korupsi," kata Cahya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement