WHO Uji 3 Pengobatan untuk Covid-19, Ada Obat Malaria dan Kanker

Ameidyo Daud Nasution
12 Agustus 2021, 14:35
who, obat, covid-19
TWITTER @WHO
Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengumumkan penetapan darurat kesehatan global atas wabah virus corona, di Jenewa, Swiss, Kamis (30/1). Tedros pada Rabu (12/8) menyatakan WHO akan menguji tiga obat untuk pasien Covid-19

Jumlah obat yang akan digunakan untuk pengobatan pasien Covid-19 berpotensi bertambah. Badan kesehatan dunia (WHO) akan menguji tiga obat baru yakni artesunate, imatinib, dan infliximab untuk terapi corona.

Artesunate adalah obat untuk malaria, imatinib merupakan obat bagi pasien kanker, sedangkan infliximab adalah obat gangguan sistem imun. Obat ini dipilih panel ahli karena berpotensi mengurangi risiko kematian pasien Covid-19 rawat inap.

Advertisement

WHO juga akan melibatkan ribuan peneliti di lebih dari 600 rumah sakit yang ada di 52 negara. “(Untuk) menemukan terapi yang yang lebih efektif dan dapat dijangkau pasien Covid-19,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dikutip dari Antara pada Kamis (12/8).

Sebelumnya, WHO telah menguji empat obat yakni remdesivir, lopinavir, interferon, dan hydroxychloroquine. Meski demikian hasil pengujian awal, keempatnya tak berdampak signifikan pada pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit.

Meski demikian, pasien perlu berhati-hati dan mengikuti petunjuk dalam mengkonsumsi obat-obatan. Ini lantaran beberapa obat Covid-19 menciptakan efek samping bagi penderita bila dikonsumsi tanpa ketentuan.

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement