Pidato di Sidang PBB, Jokowi Soroti Vaksin - Hak Perempuan Afganistan

Ameidyo Daud Nasution
23 September 2021, 07:53
Jokowi, PBB, covid-19, vaksin, afghanistan
Katadata
Presiden Joko Widodo saat menghadiri Global Covid-19 Summit pada Rabu (22/9). Pertemuan tersebut digelar di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB. Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo berpidato dalam Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang disiarkan pada Kamis (23/9). Dalam pidatonya, Jokowi menyoroti ketimpangan vaksin Covid-19 hingga hak wanita di Afganistan.

Jokowi mengatakan saat ini kemampuan banyak negara dalam menggelar vaksinasi sangat tidak merata. Oleh sebab itu ia berharap dunia bisa menyelesaikan persoalan ini lewat langkah nyata.

“Perlu menata ulang arsitektur global health security. Perlu mekanisme baru baik pendanaan, obat-obatan, alat kesehatan, serta tenaga kesehatan yang merata,” kata Jokowi dalam siaran virtual.

Hal kedua, Jokowi menyampaikan bahwa pemulihan ekonomi global hanya bisa tercapai jika pandemi Covid-19 bisa diselesaikan. Dalam mendukung perbaikan, Indonesia dan negara berkembang lainnya akan membuka pintu investasi yang berkualitas.

Ketiga, Jokowi mengingatkan komitmen ketahanan iklim dan mewujudkan dunia yang rendah karbon. Meski demikian, transformasi tersebut harus melibatkan negara berkembang sebagai produsen.

“Pandemi juga mengingatkan pentingnya penyebaran sentra vaksin di banyak negara,” kata Jokowi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...