Jokowi Akan Berpidato di PBB, Sampaikan Ketimpangan Akses Vaksin

Image title
Oleh Maesaroh
15 September 2021, 12:04
Jokowi, PBB, vaksin, gerakan 3M
Kementerian Luar Negeri
Presiden Jokowi berpidato pada Sesi Debat Umum Sidang Majelis Umum ke-75 Perserikatan Bangsa-Bangsa New York, 22 September 2020

Presiden Joko Widodo, atau Jokowi, direncanakan akan  menyampaikan pidato dalam sesi debat umum pada Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ke-76, pekan depan. Sejumlah isu akan disampaikan Jokowi melalui pidatonya, terutama soal ketimpangan akses vaksin global.

Presiden Jokowi tidak akan hadir langsung di New York, Amerika Serikat, karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.  Mantan Gubernur DKI itu akan menjadi pemimpin negara ke-5 dari 17 pemimpin negara yang dijadwalkan berpidato dalam sesi debat umum.

Sesi debat umum akan diselenggarakan pada Kamis pagi, (23/9)  WIB atau Rabu (22/9) waktu New York. Pada tahun lalu, Jokowi juga berpidato secara virtual.

Direktur Jenderal Kerja sama Multilateral Kementerian Luar Negeri Febrian Alphyanto Ruddyard mengatakan Presiden Jokowi akan menyampaikan beberapa isu utama, di antaranya.

1. Tantangan pandemi yang belum usai, ketimpangan vaksinasi global.
2. Upaya Indonesia untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia sebagai bagian dari DNA Polugri Indonesia.
3.  Mendorong terciptanya perdamaian melalui dialog dan solusi politik (seperti Palestina, Afghanistan dan Myanmar).
4. Penguatan mekanisme PBB dan multilateralisme untuk memperkokoh solidaritas antar bangsa.
5. Peran Indonesia sebagai anggota Dewan HAM 2020-2022, anggota Dewan  Ekonomi dan Sosial PBB (ECOSOC) 2021-2023, serta Presidensi G20 tahun 2022.

"Fokus utama Indonesia pada akses vaksinasi global serta bagaimana memperbaiki akses pengobatan,"tutur Febrian, pada acara media briefing, Rabu (15/9). 

Persoalan akses vaksin dan perubahan iklim akan menjadi  fokus utama dalam Sidang Umum PBB ke-76 pekan depan. Sekretaris Jenderal PBB António Guterres juga akan menyampaikan pidato terkait vaksinasi global.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...