KAI Turunkan Tarif Tes Antigen di Stasiun Kereta Jadi Rp 45 Ribu

Ameidyo Daud Nasution
23 September 2021, 11:33
antigen, kereta, covid-19
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.
Calon penumpang mengikuti layanan pemeriksaan tes Antigen di Stasiun Gambir, Jakarta, Senin (3/5/21). PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan perubahan masa berlaku hasil tes bebas COVID-19 PCR dan Antigen serta GeNose C19 untuk persyaratan naik kereta api jarak jauh (KAJJ) yang sebelumnya masa berlaku 3x24 jam sebelum keberangkatan menjadi maksimal 1x24 jam.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) menurunkan tarif rapid tes antigen di stasiun dari Rp 85 ribu menjadi Rp 45 ribu. Harga baru ini akan berlaku pada Jumat (24/9) di 64 stasiun yang menyelenggarakan tes Covid-19 tersebut.

Fasilitas ini disiapkan bagi pelanggan yang memerlukan persyaratan naik kereta api jarak jauh. Sedangkan tes dilakukan bekerja sama dengan PT Indofarma (Persero) dan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero).

Advertisement

“Penyesuaian tarif merupakan salah satu peningkatan pelayanan KAI kepada pelanggan,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan tertulis, Kamis (23/9).

Adapun daftar stasiun yang melayani antigen adalah Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Karawang, Cikampek, Bandung, Kiaracondong, Cimahi, Tasikmalaya, Banjar, Cirebon, Prujakan, Jatibarang, Brebes, Semarang Poncol, Semarang Tawang, Tegal, Pekalongan, dan Cepu.

Selain itu ada pula stasiun Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Kebumen, Gombong, Sidareja, Yogyakarta, Lempuyangan, Solo Balapan, Purwosari, Klaten, Wates, Madiun, Jombang, Blitar, Kediri, Kertosono, Tulungagung, Nganjuk, Surabaya Gubeng, Pasar Turi, Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Bojonegoro, Lamongan, Jember, Ketapang, banyuwangi, Rogojampi, Probolinggo, dan Kalisetail.

Harga antigen lebih murah juga berlaku di stasiun Medan, Kisaran, Tanjungbalai, Kertapati, Lahat, Lubuk Linggau, Prabumulih, Muara Enim, Tebing Tinggi, Tanjungkarang, Martapura, Kotabumi, dan Baturaja.

Joni mengatakan penumpang perlu memiliki tiket atau kode booking kereta jarak jauh yang telah lunas. Selain itu ia menyampaikan lebih dari satu juta penumpang menggunakan tes ini sejak Desember 2020 lalu. "Sejak dibuka pada 21 Desember, KAI telah melayani 1.043.582 peserta tes antigen,” ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement