Bos PLN Minta Tambah Insentif Pajak Agar Mobil Listrik Makin Diminati

Image title
1 Desember 2021, 19:16
pln, mobil listrik, pajak
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/aww.
Model berfoto di samping mobil listrik Wuling GSEV yang dipamerkan pada ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di ICE BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Jumat (12/11/2021). PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) akan meluncurkan mobil Wuling listrik Global Small Electric Vehicle (GSEV) di Indonesia pada tahun 2022.

Pemerintah telah memberikan sejumlah kebijakan untuk mengembangkan kendaraan elektrik, salah satunya lewat pajak. Meski demikian PT PLN (persero) masih berharap akan ada tambahan insentif agar masyarakat semakin meminati mobil listrik.

Saat ini pemerintah telah memberikan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah atau diskon PPnBM untuk mobil listrik.  Sedangkan Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini berharap penghapusan PPn dan PPh juga dapat diberikan kepada kendaraan ini.

Advertisement

"Terima kasih pemerintah telah menghapuskan PPnBM mobil listrik, tapi ada dua pajak yaitu PPn dan PPH yang dinikmati oleh mobil fosil namun belum dinikmati mobil listrik," kata Zulkifli dalam Kompas Talks "Electrifying Lifestyle: Peduli Lingkungan melalui Investasi Mobil Listrik, Rabu (1/12).

 Zulkifli tidak menjelaskan secara rinci pajak apa yang dimaksud. Meski demikian, saat ini impor mobil listrik masih dikenai PPn dan PPh masing-masing sebesar 10%.

Guna mendukung ekosistem kendaraan listrik, PLN pada tahun ini telah menargetkan pembangunan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) sebanyak 114 unit. Hingga saat ini perusahaan setrum pelat merah ini setidaknya telah memiliki 60 unit SPKLU yang telah terbangun.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement