Bahlil Minta Oknum yang Hambat Pengembangan Mobil Listrik untuk Mundur

Image title
Oleh Maesaroh
1 Desember 2021, 17:50
Bahlil, bkpm, mobil listrik
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/aww.
Petugas stan melakukan pengisian ulang mobil listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) milik PLN pada Pameran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 di Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (24/11/2021)

Menteri Investasi dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia  mengingatkan pengembangan ekosistem kendaraan listrik menjadi prioritas Indonesia saat ini.  Karena itulah, dia meminta pihak yang tidak mendukung proyek tersebut untuk mundur atau minggir.

"Kepada pengusaha, pejabat atau oknum di BUMN yang tidak setuju dengan transformasi ekonomi ini saya harap untuk mundur. Untuk bergeser. Saya ga bermaksud senggol siapa-siapa," tutur Bahlil dalam konferensi pers Menteri Investasi: Investasi Pasca Implementasi Undang-Undang Cipta Kerja, Rabu (1/12).

Advertisement

Bahlil tidak menjelaskan dengan pasti siapa oknum tersebut. Dia hanya mengatakan oknum tersebut berasal dari berbagai kalangan seperti pengusaha, pejabat, hingga BUMN. 

"Yang tidak setuju dengan pikiran besar transformasi ekonomi ini, saya harap agar minggir. Kita mau maju terus sebagai negara. Jangan halangi konsep negara,"ujar Bahlil.

"Kalau tidak mau ya bicara baik-baik. Jangan kita memperlihatkan sesuatu yang tidak mencerminkan kedewasaan,"tambahnya.

 Sebagai catatan, dalam sepekan terakhir, kontroversi terkait rencana akuisisi perusahaan mobil listrik Jerman StreetScooter mencuat.

Kontroversi terjadi setelah Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok  mengkritik keras  rencana Indonesia Battery Corporation (IBC) untuk membeli perusahan mobil listrik Jerman tersebut.

Ahok merupakan komisaris Utama PT Pertamina dan perusahan pelat merah tersebut memiliki saham 25% di IBC. 

Ahok mengatakan pembelian perusahaan mobil listrik Jerman StreetScooter tidak layak karena hasil due diligence yang dilakukan mengatakan akusisi tidak cocok.

Bahlil menegaskan pengembangan ekosistem kendaraan listrik, mulai dari pengolahan nikel, pembuatan baterai, hingga produksi mobil listrik adalah proyek besar. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement