Jokowi: Awasi Karantina, Jangan Ada Dispensasi Apalagi Bayar

Rizky Alika
3 Januari 2022, 12:24
Jokowi, karantina, omicron
Sekretariat kabinet/twitter
Presiden Joko Widodo saat memberikan pengarahan kepada Komisaris dan Direksi PT Pertamina dan PT PLN, 16 November 2021

Kasus Covid-19 varian Omicron di Tanah Air telah meningkat jadi 136 orang. Presiden Joko Widodo pun meminta tidak ada lagi dispensasi karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri.

Mantan Wali Kota Solo itu meminta jajaran Badan Intelijen Negara (BIN) hingga Polri untuk betul-betul mengawasi implementasi karantina pelaku perjalanan internasional.

"Karantina bagi yang datang dari luar negeri. Jangan ada lagi dispensasi-dispensasi, apalagi yang bayar-bayar itu kejadian lagi," kata Jokowi dalam pembukaan rapat terbatas evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (3/1).

Arahan ini disampaikan lantraran kasus Omicron sudah mengalami lonjakan, sebagian besar berasal dari pelaku perjalanan luar negeri. Tak hanya impor, varian teranyar itu telah merebak di tengah masyarakat.

Makanya Kepala Negara juga meminta prosedur mitigasi disiapkan. Apalagi saat ini masyarakat telah melewati masa libur Natal dan tahun baru.

Jokowi pun mengingatkan pentingnya kesiapan fasilitas kesehatan dalam menghadapi lonjakan kasus corona. "Persiapan fasilitas-fasilitas kesehatan yang kita miliki, baik pusat maupun daerah," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...