Jokowi Larang Pengguna Mobil BBM Fosil Pindah ke Ibu Kota Baru

Rizky Alika
22 Februari 2022, 14:08
jokowi, ikn, bbm
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak
Presiden Joko Widodo (memberikan arahan saat memimpin rapat terbatas (Ratas) di Istana Negara, Jakarta, Senin (29/11/2021).

Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur dirancang sebagai kota hijau serta rendah emisi karbon. Presiden Joko Widodo pun melarang pengguna mobil dengan bahan bakar fosil untuk pindah ke ibu kota baru.

Masyarakat yang senang berjalan kaki dan bersepeda dipersilakan untuk pindah ke ibu kota baru. Demikian pula bagi warga yang ingin menjalani hidup sehat juga bisa pindah beraktivitas di sana.

"Kalau yang senang naik mobil, apalagi pakai BBM fosil, jangan pindah ke ibu kota baru," kata Jokowi saat peresmian Nasdem Tower, Jakarta, Selasa (22/2).

 Pemerintah juga akan memberikan prioritas pertama bagi pejalan kaki, pesepeda serta pengguna transformasi umum. Kepala Negara mengatakan, perencana ibu kota baru telah memperkirakan waktu tempuh perjalanan dari satu titik ke titik lain hanya menelan durasi singkat. "Jadi ini 10 minutes city, dari sini ke sini semuanya 10 menit," ujar dia.

Selain itu Presiden menyebutkan, sebanyak 70% area ibu kota akan menjadi area hijau. Kemudian, 80% mobilitas penduduk didukung dengan transportasi publik. "Jadi bukan mobil pribadi," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...