Luhut: Arab Saudi Ikut Garap Proyek IKN dan Pasok Minyak ke Indonesia

Rizky Alika
9 Maret 2022, 10:38
arab saudi, lughut, minyak, ikn
ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/Lmo/aww.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan pidato saat pembukaan Festival UMKM Toba Vaganza di Hotel Niagara, Parapat, Simalungun, Sumatera Utara, Jumat (12/11/2021).

Arab Saudi akan membuka sejumlah kerja sama dengan Indonesia. Kerja sama itu meliputi proyek di Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan hingga memasok minyak sebanyak 1,4 juta barel per hari untuk kebutuhan industri petrokimia RI.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan kepada Presiden Joko Widodo. Luhut melaporkan hasil pertemuannya dengan Pangeran Arab Saudi Mohammed Bin Salman bin Abdulaziz (MBS) di Riyadh, Arab Saudi pada 1-2 Maret lalu.

Advertisement

"Berbagai proyek yang ingin Crown Prince MBS untuk kita kerjasamakan," kata Luhut di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (8/3).

Selain itu, Arab Saudi mengajak kerja sama terkait lingkungan hidup, yaitu hutan bakau maupun terumbu karang. Kemudian, kedua negara juga membahas tindak lanjut investasi antara Indonesia dan Arab Saudi melalui Indonesian Investment Authority (INA).

Salah satu proyek yang dicanangkan ialah pembangunan Rumah Indonesia di Mekkah. Tempat tersebut akan digunakan sebagai persinggahan jemaah umrah dan haji asal Indonesia. Bangunan ini akan digarap oleh BUMN serta siap pada 2023.

Menanggapi hal tersebut, Jokowi membentuk Satuan Tugas (Satgas) untuk mempercepat kerja sama dengan Arab Saudi. "Nanti di dalam task force ada saya sendiri dengan Pak Erick (Menteri BUMN Erick Thohir). Kemudian nanti ada empat grup," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement