Istana Bantah Kabar Reshuffle, Jokowi Kumpulkan Menteri untuk Rapat

Rizky Alika
22 Maret 2022, 16:45
reshuffle, jokowi, kabinet
ANTARA FOTO/HO/Setpres-Agus Suparto/wpa/hp.
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Wakil Presiden MaÕruf Amin (kedua kanan) memberikan ucapan selamat kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno (kiri) saat pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju, di Istana Negara Jakarta, Rabu (23/12/2020).

Kabar Presiden Joko Widodo akan merombak kabinet (reshuffle) kembali berhembus. Presiden Joko Widodo dikabarkan akan menggelar reshuffle pada Rabu (23/3) yang bertepatan dengan Rabu Pon.

Namun, pihak Istana Kepresidenan menyatakan tidak ada rencana perombakan menteri pada Rabu besok. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan Jokowi akan mengundang sejumlah menteri dengan agenda untuk menghadiri rapat terbatas. Namun, ia tidak menyebutkan topik pembahasan rapat tersebut.

Advertisement

"Tidak ada (jadwal reshuffle besok)," kata Heru kepada Katadata.co.id, Selasa (22/3).

Berdasarkan informasi yang dihimpun Katadata.co.id, perombakan kabinet pada pekan ini dipastikan setelah payung hukum Ibu Kota Negara (IKN) dan pemilihan Kepala Otorita IKN rampung. Indikasi lainnya ialah pertemuan Jokowi dengan Ketua Umum PDIP sekaligus Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Megawati Soekarnoputri saat meninjau Persemaian Modern Rumpin di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pekan lalu.

"Presiden Jokowi sudah beberapa kali membahas reshuffle dengan pimpinan parpol dan pihak terkait. Terakhir pada akhir pekan lalu," kata sumber yang mengetahui informasi ini kepada Katadata.co.id, Selasa (22/3).

Perombakan kabinet ini untuk mengakomodir kader partai Amanat Nasional (PAN) di kabinet setelah partainya berkoalisi di pemerintahan. Selain itu, perombakan kabinet kali ini juga dikabarkan akan menambah jatah menteri di kabinet dari PDI Perjuangan. "Ada beberapa nama yang jadi calon kuat dari PDIP untuk tambahan kursi menteri," kata sumber tersebut.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement