Jokowi Terima Kedatangan PM Malaysia, Bakal Teken MoU Ketenagakerjaan

Jokowi dan PM Malaysia juga akan salat Jumat bersama serta diakhiri jamuan makan siang
Image title
1 April 2022, 11:48
jokowi, malaysia, asean, ketenagakerjaan
Youtube Setpres
Presiden Joko Widodo menerima PM Malaysia Ismail Sabri Ya\'akob di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (1/4). Foto: tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo menerima kedatangan Perdana Menteri Malaysia Dato' Sri Ismail Sabri Yaakob di Istana Merdeka, Jakarta pada Jumat (1/4). Keduanya direncanakan menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) terkait ketenagakerjaan dan perlindungan pekerja domestik Indonesia di Malaysia.

Penandatanganan MoU tersebut akan dilakukan oleh Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dan Menteri Sumber Daya Manusia Datuk Seri M. Saravanan.

 

Adapun, Ismail tiba di Istana Merdeka sekitar pukul 10.52 WIB. Ia telah tiba di Tanah Air sejak pagi ini dan direcanakan berada di ibu kota selama dua hari sebelum bertolak ke Kuala Lumpur.

Advertisement

Setelah tiba di Istana Merdeka, PM Malaysia disambut oleh Jokowi. Keduanya pun melakukan sesi foto bersama. Selanjutnya, Ismail menandatangani buku tamu. Kedua pemimpin negara kemudian berjalan menuju veranda belakang untuk pertemuan tatap muka.

Selanjutnya, para pemimpin negara itu akan menyaksikan penandatanganan MoU pada bidang ketenagakerjaan. Agenda bakal dilanjutkan dengan keterangan pers bersama di ruang Credential Istana Merdeka.

Nantinya, kedua pemimpin dan delegasi akan salat Jumat bersama di Masjid Baiturrahim Istana Kepresidenan Jakarta. Sebelum mengakhiri pertemuan, para tamu undangan akan diajak menyantap jamuan siang di Istana Negara.

Adapun, Jokowi turut didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno L. P. Marsudi, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasona Laoly, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Duta Besar RI untuk Malaysia Hermono.

Sementara, delegasi malaysia tampak dihadiri oleh Menteri Sumber Daya Manusia Datuk Seri M. Saravanan, Menteri Komunikasi dan Multimedia Tan Sri Datuk Seri Panglima Haji Annuar bin Musa, Menteri Pembangunan Desa Dato' Seri Mahdzir bin Khalid, Wakil Menteri Luar Negeri Dato' Kamarudin Jaffar, dan Anggota Parlemen Dato' Sri Haji Tajuddin bin Abdul Rahman.

Sebagai informasi, kehadiran Ismail tersebut merupakan kunjungan kedua setelah sebelumnya ia mengunjungi Indonesia pada 10 November 2021. Saat itu, Ismail menemui Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor.

Adapun, Indonesia merupakan negara eksportir keenam terbesar ke Malaysia setelah Tiongkok, Amerika Serikat, Singapura, Jepang, dan Taiwan. Ekspor RI ke Malaysia semakin meningkat seiring pemulihan ekonomi di negara tersebut.

Bahkan, ekspor non-migas Indonesia ke Malaysia menembus level tertinggi dalam 10 tahun terakhir. Dubes RI untuk Malaysia Hermono mengatakan ekspor non-migas RI ke Malaysia periode Januari-September 2021 sebesar US$ 7,53 miliar atau setara Rp 107 triliun. Angka tersebut tumbuh 61,7% dibandingkan periode yang sama pada 2020.

 

Reporter: Rizky Alika
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait