Resmikan Bandara Trunojoyo, Jokowi Minta Ada Rute Jakarta-Madura

Rizky Alika
20 April 2022, 11:23
jokowi, bandara, trunojoyo
Antara
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bandara Trunojoyo, Sumenep, Jawa Timur, Rabu (20/4). Foto; Antara.

Presiden Joko Widodo meresmikan Bandara Trunojoyo, Kabupaten Sumenep, Madura pada Rabu (20/4). Dalam peresmian itu, Jokowi meminta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk membuka rute penerbangan Jakarta-Madura menjelang Lebaran.

Jokowi memprediksi penerbangan dengan rute tersebut akan dipenuhi penumpang. "Diusahakan ada penerbangan yang dari Surabaya ke Sumenep maupun dari Jakarta ke Sumenep apakah penuh atau tidak penumpangnya," kata Jokowi dalam Peresmian Bandara Trunojoyo, Madura, Rabu (20/4).

Jokowi menilai, bandara tersebut penting untuk meningkatkan konektivitas, memudahkan keterhubungan, dan membuka isolasi pulau terpencil di sekitar Madura. Selain itu, bandara tersebut akan memangkas waktu tempuh perjalanan menuju pulau di sekitar Madura.

Jika menggunakan kapal, perjalanan menuju pulau sekitar Madura memerlukan waktu berhari-hari. Sedangkan dengan pesawat, jarak tersebut hanya perlu durasi satu jam.

Mantan Wali Kota Solo itu meyakini mobilitas masyarakat akan semakin mudah dan lancar. Kemudian, titik perekonomian baru akan bermunculan lantaran adanya kesempatan kerja baru. "Di samping itu usaha-usaha yang sekarang sudah ada akan semakin berkembang," ujar dia.

Sementara, Budi mengatakan bandara tersebut melayani berbagai rute penerbangan. Rute itu meliputi Madura-Surabaya, Madura-Bawean, Madura-Pagerungan, dan Madura-Banyuwangi.

Selain itu, ada juga potensi pembukaan rute Madura-Banjarmasin, Madura-Jakarta, dan Madura-Bali. "Karena banyak pekerja ada di Kalimantan, Jakarta, dan Bali," katanya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...