Ada Demo Tolak Kenaikan Harga BBM, Jokowi Bekerja di Bogor

Rizky Alika
6 September 2022, 15:42
jokowi, harga bbm, buruh
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/rwa.
Presiden Joko Widodo (tengah) berbincang dengan Presiden Filipina Ferdinand Romualdez Marcos Jr (kiri) dan Ibu Negara Filipina Louise Araneta Marcos (kanan) saat menyaksikan pertunjukan musik di Gedung Sarinah, Jakarta, Senin (5/9/2022).

Buruh hingga mahasiswa menggelar aksi demonstrasi besar-besaran di Jakarta untuk menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Namun, Presiden Joko Widodo memilih bekerja di Istana Kepresidenan Bogor.

Hal ini diketahui berdasarkan keterangan pers Biro Sekretariat Presiden. Kepala Negara disebut memimpin rapat evaluasi Proyek Strategis Nasional (PSN) pada hari ini.

"Rapat mengenai Evaluasi PSN yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, Selasa," demikian tertulis, dikutip Selasa (6/9).

Berbeda dari sebelumnya, Istana Kepresidenan Bogor kerap digunakan untuk menyambut tamu negara. Sementara, rapat terbatas dengan para menteri biasa dilakukan di Istana Kepresidenan Jakarta.

Adapun, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia yang juga Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengatakan, aksi hari ini melibatkan sekitar 3.000-5.000 buruh dan dipusatkan di Gedung DPR RI. Aksi dimulai pukul 10.00 WIB dan mulai berakhir pukul 15.00 WIB. 

"Aksi ini diorganisir Partai Buruh dan organisasi serikat buruh, petani, nelayan, guru honorer, PRT, buruh migran, miskin kota, dan organisasi perempuan di 34 provinsi. Aksi serentak akan dilakukan di Kantor Gubernur," kata Said.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...