Jokowi Masukkan IKN ke Daftar Proyek Strategis Agar Rampung 2024

Ameidyo Daud Nasution
6 September 2022, 17:22
ikn, psn, jokowi
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/hp.
Warga bersantai di lokasi titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (17/8/2022).

Presiden Joko Widodo memerintahkan agar Ibu Kota Nusantara (IKN) ditetapkan menjadi Proyek Strategis Nasional. Hal ini agar pembangunan ibu kota baru bisa dipercepat.

Selain itu, Jokowi juga memerintahkan para menteri untuk menyelesaikan seluruh PSN pada 2024.  Pekerjaan fisik proyek ini dijadwalkan akan dimulai pada awal September.

"Presiden mengarahkan, khusus ibu kota ditetapkan sebagai PSN untuk mempermudah pembangunan," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Selasa (6/9).

Rapat juga membahas progres PSN yang tengah dikerjakan seperti Tol Tuban-Lamongan, Tol Trans Sumatera, Tol Semarang-Demak, Bendungan Gerak Karangnongko, serta pengembangan etanol di Kabupaten Bojonegoro.

Proyek lain yang jadi pembahasan adalah pelabuhan peti kemas Muaro Jambi, pabrik pupuk di Kabupaten Fakfak, hingga proyek Lapangan Ubadari.

Jokowi berharap PSN dapat menciptakan lapangan kerja hingga efek berganda terhadap ekonomi nasional. Ujungnya, angka kemiskinan masyarakat bisa terus berkurang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...