Cegah Mafia Kehakiman, Mahfud Usulkan ASN MA Dikontrol Kemenpan RB

Andi M. Arief
13 Oktober 2022, 20:00
mahfud, ma, asn
Katadata/ Wahyu Dwi Jayanto
Menko Polhukam, Mahfud MD, saat hadiri acara FGD di Sekolah Partai PDIP di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (13/10).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menyoroti maraknya mafia peradilan di Indonesia. Untuk membenahi hal tersebut, ia mengusulkan aparatur sipil negara (ASN) Mahkamah Agung (MA) dikelola langsung pemerintah.

ASN di bidang hukum dapat dikelola oleh Kementerian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Kemenpan RB.  Menurutnya, langkah tersebut dapat memperkuat pengawasan hukum dari praktik mafia hukum. 

"Karena, mafia hukum nggak langsung bermain ke hakimnya, tapi ke PNS dulu," kata Mahfud di Sekolah Partai DPP PDIP, Kamis (13/10).

Mahfud mengatakan pemerintah saat ini tidak dapat mengatur kewenangan hakim secara langsung. Namun demikian, pemerintah masih dapat mengatur orang-orang yang bekerja di Mahkamah Agung selain hakim.

Sebagai informasi, saat ini telah ada lembaga pengawasan khusus hakim, yakni Komisi Yudisial atau KY. Akan tetapi, Mahfud menilai kewenangan KY saat ini terbatas pada urusan administrasi terkait kehakiman.

Pasalnya, wewenang KY telah disunat sejak dibentuk dengan cara melarang pengawasan pada kewenangan hakim agung maupun tidak dilibatkan dalam pemilihan hakim baru. Mahfud mengatakan MA melakukan hal tersebut dengan dalih agar tidak terkontaminasi oleh entitas eksternal.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...