Blusukan ke Smelter, Jokowi Buka Kans Setop Ekspor Timah Tahun Ini

Andi M. Arief
20 Oktober 2022, 12:59
Presiden Joko Widodo saat meninjau proyek smelter PT Timah di Bangka Belitung. Foto: Antara.
Antara
Presiden Joko Widodo saat meninjau proyek smelter PT Timah di Bangka Belitung. Foto: Antara.

Presiden Joko Widodo mengatakan kebijakan larangan ekspor timah dapat diterbitkan pada tahun ini. Hal tersebut disampaikan setelah melihat smelter baru milik PT Timah Tbk di Bangka Belitung.

Kepala Negara mengatakan baru akan menghitung waktu yang tepat terkait penghentian ekspor timah dalam bentuk bahan baku. Salah satu indikator yang akan diperhatikan adalah kesiapan smelter timah di dalam negeri.

"Kapan stop ekspor timah baru kita hitung. Kalau hitungannya sudah matang, akan saya umumkan. Stop misalnya tahun depan atau tahun ini bisa terjadi," kata Presiden Jokowi di saat mengunjungi pabrik PT Timah Tbk di Bangka Barat, Kamis (20/10) seperti disiarkan dalam Youtube Sekretariat Presiden.

Presiden Widodo menjamin tidak ada pihak yang dirugikan dari penghentian ekspor timah tersebut. Menurutnya, hilirisasi timah menjadi penting lantaran akan menghasilkan nilai tambah yang besar.

Selain itu, Jokowi menilai hilirisasi industri timah akan membuka lapangan kerja yang besar. Menurunya, pembangunan smelter baru oleh PT Timah mencerminkan keseriusan pemerintah terkait hilirisasi timah.

Smelter yang dimaksud adalah Top Submerged Lance atau TSL Ausmelt Furnace. Adapun, konstruksi fasilitas produksi tersebut dilakukan oleh PT Wijaya Karya Tbk dan Outotec Pty Ltd sejak 2019.

Dari laman Total Materia, Ausmelt merupakan perusahaan utama yang dapat memasok TSL Ausmelt Furnace di dunia. TSL Ausmelt Furnace umumnya digunakan oleh produsen tembaga, timah, timah, nikel, logam golongan platinum, seng, dan logam besi.

Korea Zinc Co Ltd tercatat menjadi perusahaan pelanggan Ausmelt. Total Materia mendata Korea Zinc telah memiliki lima unit TSL Ausmelt Furnace dengan total kapasitas produksi 510.000 ton per tahun.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...