Sastrawan Ternama Remy Sylado Meninggal Dunia

Ameidyo Daud Nasution
12 Desember 2022, 13:42
sastra, remy sylado, meninggal
Antara
Sastrawan Remy Sylado (kanan) wafat pada Senin (12/12). Foto: Antara.

Kabar duka menyelimuti dunia sastra Tanah Air hari ini. Sastrawan ternama Remy Sylado meninggal dunia pada Senin (12/12).

Kabar ini dibagikan oleh politisi Partai Gerindra Fadli Zon di akun Twitternya. Fadly juga mengunggah foto dirinya saat menjenguk Remy Sylado di rumah sakit.

"Selamat jalan Bang Remy Sylado. Baru beberapa hari lalu ngobrol tentang Elvis Presley dan manajernya Kolonel Tom Parker. RIP," demikian cuitan Fadly.

, Tokoh bernama asli Yusbal Anak Perang Imanuel Panda Abdiel Tambayong ini lahir di Malino pada 12 Juli 1945. Dari laman Ensiklopedia Sastra Indonesia Kemendikbud Remy mengenyam bangku sekolah dasar di Makassar sebelum melanjutkan pendidikan ke Semarang hingga menamatkan Sekolah Menengah Atas (SMA) pada 1959.

Di ibu kota Jawa Tengah, Remy mulai terlibat dengan dunia teater dan sempat bermain dalam drama berjudul Midsummer Night's Dream karya Shakespeare. Lulus SMA, ia melanjutkan pendidikan di Akademi Teater Nasional Indonesia (ATNI) Solo.

Remy juga sempat menjadi wartawan harian Sinar Harapan sepanjang 1963 hingga 1965. Ia lalu sempat menjadi Redaktur di Majalah Tempo pada 1965 hingga 1966.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...