TNI dan Polri Investigasi Penyebab Susi Air Terbakar di Papua

Ameidyo Daud Nasution
7 Februari 2023, 14:14
Susi Air
Katadata
Susi Air

Aparat gabungan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polri akan melakukan investigasi penyebab hilang kontaknya pesawat Susi Air SI 9368. Pesawat tersebut hilang kontak usai mendarat di Bandara Paro, Kabupaten Nduga Prov. Papua Pegunungan.

Tim akan mendalami penyebab terbakarnya pesawat Pilatus Porter milik Susi Air tersebut apakah karena kecelakaan atau diduga dibakar oleh pihak tertentu.

"Tidak menutup kemungkinan pesawat ditahan Kelompok kriminal Bersenjata (KKB) Nduga pimpinan Egianus Kogoya karena wilayah itu masuk dalam markas mereka," kata Kepala Bidang Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo dalam keterangan tertulis, Selasa (7/2).

Pesawat tersebut dipiloti Philips Max Marthin asal Selandia Baru dan membawa lima penumpang. Pesawat lepas landas dari Bandara Mozes Kilangin Kabupaten Mimika menuju Bandara Paro di Nduga pada pukul 05.33 WIT.

Pukul 06.17 WIT, pesawat sudah mendarat di Bandara Paro, namun setelah itu tidak jelas keberadaannya hingga saat ini.

Sedangkan Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri mendapatkan laporan pesawat tersebut terbakar. "Memang benar ada laporan tentang pesawat milik Susi Air yang dibakar KKB di Paro, Kabupaten Nduga," katanya.

Ia menyebutkan nama lima penumpang pesawat milik Susi Air, yaitu Demanus Gwijangge, Minda Gwijangge, Pelenus Gwijangge, Meita Gwijangge, dan​​​​​​​ Wetina W.


Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...