Indo Tambangraya Bagi-bagi Dividen Rp 4,7 Triliun, Ini Jadwalnya

Dividen yang dibagikan setara 70% dari total laba bersih tahun 2021 senilai Rp 6,82 triliun
Image title
24 Maret 2022, 20:25
dividen, indo tambangraya, saham
Indo Tambangraya Megah
PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG)

PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) akan membagikan dividen US$ 333 juta atau setara Rp 4,77 triliun. Ini sesuai dengan keputusan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar hari ini (24/3).

Dividen yang dibagikan setara 70% dari total laba bersih tahun 2021 senilai US$ 475,6 juta atau Rp 6,82 triliun.  Sebesar US$ 94,06 juta atau setara Rp 1.218 per saham telah didistribusikan kepada pemegang saham sebagai dividen interim tunai pada 24 November 2021.

Sisanya sebesar US$ 238,9 juta atau setara dengan Rp 3.040 per saham akan didistribusikan dalam bentuk dividen tunai kepada pemegang saham. "Adapun sisa keuntungan bersih perseroaan akan ditambahkan pada laba ditahan guna mendukung pengembangan operasi perseroan," tulis manajemen ITMG dalam keterangan resminya, Kamis (24/3).

 

Advertisement

Manajemen ITMG mengatakan cum date pembagian jatah dividen di pasar reguler dan negosiasi berlangsung pada 1 April 2022. Adapun pembagian di pasar tunai berlangsung pada 5 April mendatang.

Sebagai informasi, cum date merupakan tanggal terakhir bagi investor yang ingin membeli saham tertentu dan berhak untuk mendapatkan dividen perusahaan yang telah diumumkan. Apabila pembelian saham melewati jadwal cum date, maka investor tidak memiliki hak untuk mendapatkan dividen.

Sementara itu, awal perdagangan saham tanpa hak dividen (ex dividen) di pasar reguler dan negosiasi digelar pada 4 April 2022, sedangkan di pasar tunai pada 6 April 2022.

Kemudian, tanggal recording date daftar pemegang saham yang berhak atas dividen berlangsung pada 5 April mendatang. Adapun, tanggal pembayaran dividen akan dilakukan pada 22 April mendatang.

Selain pembagian dividen, RUPST ITMG juga menyetujui susunan baru Dewan Komisaris dan Direksi yang berlaku sampai dengan penyelenggaraan RUPST tahun 2025.

Berikut daftar lengkap susunan pengurus baru ITMG berdasarkan RUPST 2022:

Dewan Komisaris

1. Komisaris Utama dan Komisaris Independen : Prof. Dr. Djisman S. Simandjuntak
2. Komisaris : Somruedee Chaimongkol
3. Komisaris : Somsak Sithinamsuwan
4. Komisaris : Fredi Chandra
5. Komisaris  : Kirana Limpaphayom
6. Komisaris : Maneewan Vachiruckul
7. Komisaris Independen : Mahyudin Lubis
8. Komisaris Independen : Prof. Djoko Wintoro

Anggota Direksi

1. Direktur Utama : Mulianto
2. Direktur : Ignatius Wurwanto
3. Direktur : Jusnan Ruslan
4. Direktur : Yulius Kurniawan Gozali

 

Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait