Pembelajaran Tatap Muka Akan Dibuka, Ini Pemahaman Penting bagi Murid

ANTARA FOTO/Maulana Surya/foc.
Siswa SD Negeri Cemara 2 Solo yang mengikuti simulasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 di Solo, Jawa Tengah, Rabu (5/5/2021).
Penulis: Alfons Yoshio
10/5/2021, 13.27 WIB

Pemerintah terus bersiap diri untuk menjalankan kembali kegiatan belajar-mengajar di sekolah. Lewat surat keputusan bersama (SKB) empat menteri, kebijakan pembelajaran tatap muka (PTM) yang berlaku secara terbatas akan dilaksanakan mulai Juli 2021.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro menekankan pentingnya persiapan penerapan protokol memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M) pada masa PTM terbatas.

Bukan hanya pemenuhan daftar periksa fasilitas kesehatan di lingkungan sekolah dan kesiapan tenaga pengajar, juga pemahaman anak akan pentingnya menjalankan kebiasaan baru. 

“Anak harus diberitahu kenapa mereka harus melakukan itu. Kalau dia tidak mengerti alasannya, dia akan asal-asalan,” ujar Reisa pada sesi webinar berjudul “Sekolah/Madrasah Tanggap Covid-19 melalui Pendekatan School of 5” yang diselenggarakan Katadata, pekan lalu.

Menurutnya, pemahaman perlu diberikan mulai dari cara penularan virus corona yang bisa terjadi melalui kontak langsung dan tidak langsung. Kontak langsung terjadi saat berbicara, batuk, bersin, bernyanyi, atau bahkan menguap sebab ada droplet yang keluar. Ada potensi virus di dalam percikan droplet yang bisa terhirup orang lain.

Sementara kontak tidak langsung mungkin terjadi ketika percikan yang keluar saat kita membuka mulut kemudian menempel ke benda lain. Jika benda tersebut dipegang dengan tangan lalu untuk memegang mata, mulut, atau hidung, penularan virus bisa terjadi.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan