Rencana pemerintah memasukkan maskapai asing mulai berlanjut. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan paling tidak ada tiga maskapai asing yang siap membuka rute domestik di Indonesia. Meski tidak menyebut keseluruhan, dia mengatakan Indonesia AirAsia (AirAsia) serta Scoot siap masuk meramaikan rute yang telah ada.
Budi berharap dengan ramainya maskapai dalam industri penerbangan lokal, maka akan tercipta tarif pesawat yang kompetitif bagi konsumen. Kementerian Perhubungan akan tetap mengatur batas atas dan bawah dari tarif penerbangan. "Spirit-nya bukan asing, tapi kompetisi," kata Budi di Kompleks Istana Kepresidenan, beberapa hari lalu.
(Baca: Menhub Menilai Masuknya Maskapai Asing Dapat Tekan Harga Tiket Pesawat)
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) yang juga Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani juga menyebutkan ada tiga maskapai yang siap masuk. Selain AirAsia dan Scoot, ada pula Jetstar yang disebut akan menerbangi rute domestik. "Yang siap itu," ujarnya seperti dikutip Liputan6.com, beberapa waktu lalu.
Grup AirAsia memang bukan pemain baru di industri penerbangan. Scoot dan Jetstar juga telah menerbangi rute Singapura menuju beberapa titik di Indonesia. Berikut profil tiga maskapai yang digadang akan masuk ke Indonesia.
(Baca: Pengusaha Hotel Dukung Jokowi Buka Pintu bagi Maskapai Asing)
AirAsia
Maskapai ini dianggap pelopor penerbangan murah di kawasan Asia Tenggara, bahkan dunia. AirAsia pertama kali ekspansi ke Indonesia dengan menggandeng Fersindo Nusaperkasa. Mereka mencaplok saham Awair dan mengubah nama maskapai tersebut menjadi Indonesia AirAsia.
Awalnya, maskapai ini hanya mengoperasikan empat unit Boeing 737-300 yang melayani sejumlah rute dari Jakarta menuju Kuala Lumpur, Denpasar, Medan, hingga Surabaya. Hingga saat ini Indonesia AirAsia memiliki 25 pesawat yang melayani sekurangnya 15 destinasi baik di domestik maupun internasional.
Perusahaan induknya, yakni AirAsia merupakan perusahaan Malaysia yang dimiliki oleh pengusaha Tony Fernandes. Tony, bersama sahabatnya yakni Kamarudin Meranun pada 2001 mengambilalih AirAsia yang dimiliki DRB-Hicom milik pemerintah Malaysia. Dikutip dari Bloomberg, saat itu AirAsia hanya memiliki dua pesawat serta utang US$ 11 juta.
(Baca: AirAsia Ingin Jadikan Bandara Silangit Hub Penerbangan Asia)
Kondisi dunia penerbangan saat Tony menguasai AirAsia juga terdampak peristiwa 11 September 2001. Ini yang membuat beberapa pihak menganggap langkah Tony ini “gila” meski dia mendapatkan AirAsia dengan biaya 1 Ringgit dari pemerintah Malaysia saat itu. Ternyata, di tangan mantan Analis Keuangan Warner Music tersebut, peruntungan AirAsia berubah. Bahkan, AirAsia bisa hidup dan menguasai langit Asia Tenggara dengan total anak usaha 8 dan total armada 253 unit.
Scoot
Maskapai ini berdiri pada 2012, sebagai anak usaha Singapore Airlines yang berbisnis di penerbangan berbiaya murah (low cost carier/LCC). Buntut penguasaan 56 persen saham oleh Singapore Airline, pada 2016 maskapai berbiaya murah Singapura lain, Tiger Airways, dilebur ke dalam Scoot.
Hingga saat ini Scoot memiliki 48 armada mulai dari Airbus A-320, Boeing 787-8, hingga Boeing 787-9. Destinasi yang dilayani mencapai 70 titik internasional. Scoot juga melayani penerbangan murah ke Eropa seperti Athena (Yunani) dan Berlin (Jerman). Meski demikian, mayoritas destinasi Scoot berada di wilayah Asia Tenggara dan Asia Timur.
(Baca juga: ASEAN Open Skies dan Pertumbuhan Sektor Pariwisata Nasional)
Jetstar
Satu lagi maskapai murah ini sepenuhnya dimiliki oleh Qantas asal Australia. Maskapai yang dimiliki keluarga McGowan ini awalnya bernama Impulse Airlines dan hanya melayani rute domestik Australia. Pada 2001, keluarga ini menjual Impulse kepada Qantas dan berujung adanya QantasLink, yakni brand pesawat Qantas.
Dua tahun kemudian, manajemen Qantas memutuskan pesawat bekas Impulse diluncurkan kembali dengan nama Jetstar dan bermarkas di Melbourne. Hingga tahun lalu, maskapai ini mengoperasikan 71 unit pesawat, sebanyak 52 unit di antaranya merupakan Airbus A-320.
Jetstar juga berekspansi ke sejumlah negara lain di Asia. Pertama, ke Singapura dengan membentuk Jetstar Asia Airways yang sahamnya dimiliki Qantas sebesar 49 persen. Kedua, patungan dengan Vietnam Airlines pada 2007 meluncurkan Jetstar Pacific Airlines. Ketiga, ekspansi ke Jepang dengan menggandeng Japan Airlines dan Mitsubishi guna mengoperasikan Jetstar Japan.
Vietjet
Selain itu ada pula maskapai berbiaya murah Asia Tenggara lain yang berkomitmen masuk menambah penerbangan internasional, yakni rute Ho Chi Minh menuju Jakarta. Awalnya rute ini akan dibuka pada 2017 lalu, tapi belakangan rencana Vietjet molor hingga tahun ini.
(Baca: Gandeng Vietjet Air, Kemenpar Target 100 Ribu Turis Vietnam Tahun Ini)
Maskapai ini juga sempat membuat heboh dengan pramugari yang berseragam bikini. Namun, Vice Director Commercial VietJet, Jay L Lingeswar, dua tahun lalu menjanjikan tidak ada bikini yang akan dikenakan pramugari maskapai tersebut di penerbangan Indonesia. Lagi pula hal tersebut hanya dilakukan VietJet saat membuka salah satu rute perdananya.
Selain itu, ia juga menjanjikan program promosi saat memulai penerbangannya ke Indonesia. “Seperti low cost carrier lainnya kami juga akan menyiapkan promo,” katanya.