Uniqlo Indonesia Fasilitasi UKM Lokal untuk Mempromosikan Produk
Uniqlo Indonesia merangkul para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) lokal untuk memasarkan produknya. Langkah ini diambil demi mewujudkan tiga pilar yang diusung oleh Uniqlo, yakni people, planet dan society.
Mengutip Antara, Sabtu (20/8), Corporate Affairs Director Uniqlo Indonesia Irma Yunita mengatakan, untuk mewujudkan pilar yang diusung, Uniqlo terus berupaya berperan aktif merangkul kearifan lokal.
"Selain itu, Uniqlo juga terus berupaya untuk membangkitkan perekonomian ritel di Indonesia, dan mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah sekitar lokasi usaha lewat program Uniqlo Neighborhood," kata Irma, dikutip dari Antara.
Sebagai informasi, program yang diluncurkan pada 2019 ini, merupakan sebuah instalasi di area toko-toko Uniqlo Indonesia yang menampilkan beberapa produk dan informasi dari UKM lokal yang telah terpilih melalui proses kurasi.
Dalam program ini, Uniqlo bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta Dewan Kerajinan Nasional Daerah, untuk menemukan produk UKM yang menjadi ciri khas di daerah masing-masing.
Hingga kini, Uniqlo Neighborhood telah hadir di 25 kota di Indonesia dengan total lebih dari 210 UKM yang berpartisipasi dan dikaji setiap satu tahun sekali untuk memberikan kesempatan kepada lebih banyak pelaku UKM lokal agar dapat menjadi bagian dari program kolaborasi ini.
Selain berupaya membantu pelaku UKM untuk terus berkembang melalui kolaborasi, dan mempromosikan produk, Uniqlo juga secara berkelanjutan memberikan pelatihan bagi untuk meningkatkan daya saing UKM dalam memasarkan produk.
Inisiatif ini juga mendapat apresiasi dan dukungan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop-UKM), yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada September 2021 lalu di Uniqlo Solo Paragon.
Kerja sama itu merupakan sinergi dan wujud kolaborasi yang diharapkan mampu membuka peluang kerja sama antara UKM lokal dan bisnis skala besar. Dengan begitu, UMK lokal diharapkan dapat bersaing di pasar domestik hingga global serta membawa dampak positif bagi perekonomian Indonesia.