Dicecar Anggota DPR, Mendag Diminta Lebih Serius Atasi Harga Telur

ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/hp.
Pekerja mengumpulkan telur di sentra peternakan ayam petelur di Wonokoyo, Malang, Jawa Timur, Selasa (16/8/2022).
24/8/2022, 13.48 WIB

Komisi VI DPR mengkritisi kinerja Kementerian Perdagangan di bawah kepemimpinan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. Kritik yang diberikan secara umum adalah soal harga telur ayam dan harga minyak goreng curah.

Anggota Komisi VI DPR Fraksi PDI-P Mufti Anam berharap Menteri Perdagangan serius dalam menghadapi kenaikan harga telur ayam yang terjadi pada bulan ini. Mufti menilai harga telur ayam saat ini telah mencetak rekor tertinggi sepanjang sejarah.

"Hari ini, harga telur naik begitu signifikan, bahkan termahal dalam sejarah, yaitu Rp 31.000 per kilogram," kata Mufti dalam rapat kerja bersama Kementerian Perdagangan dan Kementerian BUMN di Gedung DPR, Rabu (24/8).

Mufti menekankan agar Menteri Perdagangan tidak mengulangi kegagalan pemerintah dalam mengendalikan harga minyak goreng curah. Pasalnya, Kementerian Perdagangan juga sempat meremehkan kenaikan harga minyak goreng pada 2021.

Oleh karena itu, Mufti menyayangkan pernyataan Zulkifli yang menggampangkan masalah kenaikan harga telur ayam belum lama ini. Mufti berpendapat telur merupakan komoditas yang penting bagi masyarakat, khususnya bagi pedagang kaki lima yang menjadikan telur ayam sebagai bahan baku utama.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyanggah bahwa harga telur saat ini merupakan yang tertinggi. "Waktu saya belum jadi Menteri Perdagangan, harga telur Rp 32.000 per kilogram," bantah Zulkifli.

Pusat Informasi Harga Pangan Nasional atau PIHPSN mendata rata-rata harga telur nasional hari ini, 23 Agustus 2022, adalah Rp 30.850 per kilogram. Angka tersebut merupakan yang tertinggi secara tahun berjalan.

Berdasarkan data PIHPSN, rata-rata harga telur ayam pernah menembus Rp 30.000 per Kg pada tahun ini sebelum Agustus 2022, yakni pada 3-5 Januari 2022. Adapun, rata-rata harga telur ayam terendah adalah senilai Rp 23.900 per Kg pada 17-18 Februari 2022.

Pada hari ini, harga telur tertinggi ada pada Provinsi Papua atau senilai Rp 39.650 per Kg, sedangkan harga terendah ada di Provinsi Jambi seharga Rp 25.450 per Kg. Adapun, harga telur di DKI Jakarta hari ini adalah Rp 31.350 per Kg.

Berikut 10 provinsi dengan harga telur tertinggi:




Reporter: Andi M. Arief