PeduliLindungi Ganti Nama, KAI Minta Penumpang Bawa Bukti Vaksin

ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/hp
Wisatawan melakukan scan QR Code sertifikat vaksin COVID-19 melalui aplikasi PeduliLindungi saat hari pertama uji coba pembukaan Daya Tarik Wisata (DTW) Uluwatu, Badung, Bali, Senin (13/9/2021).
Penulis: Nadya Zahira
2/3/2023, 07.22 WIB

PeduliLindungi ganti nama menjadi Satu Sehat. PT Kereta Api Indonesia atau KAI mengimbau penumpang membawa bukti vaksinasi Covid-19.

Caranya bisa dengan menunjukkan dokumen vaksinasi Covid-19 berupa soft copy di ponsel pintar (smartphone) maupun dalam bentuk fisik. “Ini antisipasi jika validasi status vaksin pelanggan saat boarding mengalami gangguan dalam menampilkan status vaksin,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan pers, Kamis (2/3).

KAI akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebagai pihak pengelola aplikasi PeduliLindungi yang berganti nama menjadi Satu Sehat

"Apabila proses migrasi selesai seluruhnya, dan integrasi dengan sistem boarding sudah normal seperti semula, kami akan segera sampaikan kepada masyarakat," ujar Joni.

KAI sebenarnya telah mengintegrasikan aplikasi PeduliLindungi dengan sistem boarding sejak 23 Juli 2021. Ini bertujuan membantu proses validasi dokumen kesehatan calon penumpang.

Melalui integrasi tersebut, data vaksinasi pelanggan di PeduliLindungi akan muncul pada layar komputer petugas saat proses boarding.

Integrasi aplikasi PeduliLindungi dengan sistem boarding KAI bertujuan mempermudah penumpang, memperlancar proses pemeriksaan dokumen, serta menghindari pemalsuan dokumen.

Terlebih lagi saat kasus harian Covid-19 tinggi, peraturan bepergian diperketat. Hingga saat ini, penumpang masih diwajibkan menunjukkan bukti vaksinasi Covid-19.

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran atau SE Kementerian Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022, dan SE Kemenkes Nomor HK.02.02/II/3984/2022 sejak 19 Desember 2022.

Sedangkan kini aplikasi PeduliLindungi berganti nama menjadi Satu Sehat. KAI pun kembali melakukan proses integrasi sistem, sehingga penumpang diimbau dapat menunjukkan bukti vaksinasi Covid-19 untuk berjaga-jaga jika terjadi gangguan.

Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat menghubungi Customer Service KAI di:

  1. CS KAI di stasiun
  2. Contact Center KAI melalui telepon di 121
  3. Contact Center KAI di WhatsApp 08111-2111-121
  4. Contact Center KAI di email cs@kai.id
  5. Media sosial KAI121
Reporter: Nadya Zahira