Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT menjadwalkan transisi penggunaan sistem transaksi non-tunai nirsentuh multi lane free flow atau MLFF tahun depan. Pada masa transisi tersebut, gerbang jalan tol masih akan memakai palang alias belum menerapkan prinsip free flow.
Kepala BPJT Miftachul Munir mengatakan masa transisi sistem MLFF berlangsung selama tiga tahun hingga 2027. Namun, masa transisinya akan diterapkan jika uji coba MLFF di Jalan Tol Bali Mandara memenuhi kriteria yang disepakati semua pemangku kepentingan.
"Masih terdapat beberapa hal teknis yang harus diperbaiki dan ditingkatkan untuk penyempurnaan implementasi selama masa uji coba," kata Miftachul kepada Katadata.co.id, Rabu (20/12).
Saat ini masih ada hal teknis yang harus diperbaiki dan ditingkatkan untuk memastikan Badan Usaha Jalan Tol tidak kehilangan pendapatan. "Selain itu, perbaikan tersebut diperlukan agar pengguna jalan tol tidak mendapatkan kesulitan dalam bertransaksi," ujarnya.
Uji coba MLFF di Tol Bali Mandara dimulai pada 12 Desember 2023. Pemerintah sedang menguji semua skenario pada teknologi yang dibuat PT Roatex Indonesia Toll System atau RITS.
Miftachul mengatakan hasil uji coba tersebut akan meningkatkan teknologi MLFF saat masa transisi pada 2024 hingga 2027. Sistem yang ditawarkan RITS menggunakan teknologi sistem navigasi satelit global atau global navigation satellite system (GNSS).
Dengan teknologi itu, transaksi di gerbang tol dengan kartu uang elektronik diganti dengan aplikasi Cantas yang terhubung dengan dompet elektronik di gawai pengguna jalan tol. Sistem pemosisi global atau GPS dalam gawai pengguna jalan tol akan direkam oleh satelit dalam penentuan tarif.
Secara rinci, teknologi GNSS akan menentukan lokasi pengguna jalan tol bersamaan dengan proses map-matching di sistem utama RITS. Saat kendaraan keluar tol dan proses map-matching berakhir, sistem akan melakukan kalkulasi tarif dan menarik saldo pengguna jalan tol melalui Cantas.
Miftachul menjadwalkan implementasi sistem tersebut secara penuh mulai 2027. Saat masa transisi, BPJT akan menambah ruas tol yang menggunakan MLFF.
Sebelumnya, Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Triono Junoasmono menyampaikan sistem MLFF baru masih diterapkan secara hibrid dengan sistem uang elektronik berbasis kartu. Karena itu, uji cobanya di Tol Bali Mandara baru diberlakukan di empat dari tujuh gardu Gerbang Tol Ngurah Rai.
Sistem transaksi MLFF baru akan diterapkan secara penuh di Tol Bali Mandara pada Maret 2024. Jalan tol ini memiliki tiga gerbang tol dengan 22 gardu tol. "Direncanakan mulai 12 Desember 2023 hingga Januari 2024 untuk peluncuran uji coba terbatas khususnya bagi kendaraan pegawai pemerintah," kata Triono.