Raja Mangkunegara IX Solo Meninggal Dunia Usia 69 Tahun

ANTARA FOTO/Maulana Surya/foc.
Raja Mangkunegara IX Solo meninggal dunia dalam usia 69 tahun.
Penulis: Agustiyanti
13/8/2021, 10.01 WIB

Raja Mangkunegara Solo, KGPAA Mangkunegara IX meninggal dunia di Jakarta pada Jumat pukul 02.50 WIB. Ia meninggal dalam usia 69 tahun. 

 

Perwakilan staf humas Pura Mangkunegaran Surakarta, Joko Pramudyo mengatakan, Raja Mangkunegara IX akan dimakamkan di Kompleks Pemakaman Astana Girilayu, Karanganyar, Jawa Tengah. Jenazah saat ini dalam perjalanan dari Jakarta menuju Solo.

"Nanti untuk selanjutnya jam berapa dan kapan  pemakaman menunggu 'dawuh' (perintah) dari keluarga. Yang baku di Astana Girilayu," katanya, seperti dikutip dari Antara. 

Jenazah akan disemayamkan di Dalem Ageng, Pura Mangkunegaran. Untuk melakukan proses pemakaman, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak TNI/Polri kaitannya dengan penerapan protokol kesehatan.

"Ini masih menunggu koordinasi selanjutnya," katanya.

Ia juga enggan menjelaskan penyebab kematian raja dengan empat putra ini. Menurut dia, akan ada pernyataan resmi dari keluarga.  Meski demikian, ia menjelaskan, Raja Mangkunegara IX  lebih dari dua bulan pindah sementara ke Jakarta lantaran Pura Mangkunegara dalam renovasi.

"Sudah lebih dari dua bulan, jadi beliau pindah ke Jakarta dulu," katanya.

Halaman:
Reporter: Antara