Top News: Petinggi Kadin Berdamai dan 3 Kriteria Calon Menteri Prabowo

Instagram/ Bahlil Lahadalia
Menteri ESDM Bahlil Lahadalia mempertemukan Ketua Umum Kadin hasil Munaslub Anindya Bakrie dengan Ketua Umum Kadin 2021-2026, Arsjad Rasjid pada Jumat (27/9).
30/9/2024, 05.45 WIB

Perseteruan internal di Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia akhirnya menemui titik terang. Setelah beberapa pekan berlangsung, para pemimpin Kadin berhasil mencapai kesepakatan untuk menjaga keutuhan organisasi.

Kesepakatan strategis tercapai antara Ketua Umum Arsjad Rasjid, Ketua Dewan Pertimbangan Anindya Bakrie, dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Ketiganya menekankan pentingnya menjaga komitmen bersama untuk mengutamakan kepentingan organisasi di atas segala perbedaan, sekaligus menegaskan kepatuhan pada Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga KADIN dan Keppres No. 18/2022, melalui proses musyawarah yang penuh kebersamaan.

Kesepakatan ini diharapkan dapat mengembalikan kepercayaan publik terhadap Kadin sebagai mitra strategis pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Perdamaian di internal Kadin menjadi salah satu artikel Top News Katadata.co.id akhir pekan ini. Selain itu, ketahui juga bagaimana hasil survei Poltracking mengenai Pilkada Jakarta, serta kriteria calon menteri pemerintahan Prabowo.

1. Arsjad Rasjid dan Anindya Bakrie Sepakati Persatuan di KADIN

Kamar Dagang Indonesia (KADIN) telah mengakhiri perseteruan yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir.

Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid, bersama Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia, Anindya Bakrie, dan Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia, mencapai kesepakatan strategis untuk menjaga keutuhan organisasi.

Pertemuan yang digelar pada Jumat (27/9) menjadi titik penting bagi kelangsungan Kadin Indonesia, dengan keputusan yang disepakati berdasarkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) organisasi.

Kesepakatan tersebut diambil untuk memperkuat integritas internal Kadin serta memastikan keberlanjutan peran Kadin sebagai penggerak ekonomi nasional. Pertemuan ini menjadi komitmen bersama dalam memprioritaskan kepentingan organisasi di atas perbedaan, dengan harapan mampu menciptakan iklim yang lebih harmonis dan solid dalam menghadapi tantangan ekonomi ke depan.

Dalam keterangan resmi yang diterima Katadata.co.id, solusi yang dicapai dalam pertemuan tersebut menegaskan komitmen Kadin Indonesia untuk tetap setia pada aturan yang telah disepakati, yaitu Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Kadin serta Keppres No. 18/2022.

2. Sepakati Damai, Anindya Tawarkan Arsjad jadi Ketua Dewan Pertimbangan Kadin

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia hasil Munaslub 2024 Anindya Bakrie mengungkap alasan di balik perdamaian yang tercapai antara dia dengan Ketua Umum Kadin 2021-2026 Arsjad Rasjid. Hal itu disampaikan Anindya usai menghadiri Dialog Kebangsaan IKA Unpad, di Jakarta, Sabtu (28/9).

"Kadin musti kompak, musti solid, musti adem untuk menjawab apa ke depannya tantangan bangsa," ujar Anidya.

Ia mengatakan sebagai Ketum Kadin hasil Munaslub 2024, dirinya mengakomodir berbagai macam masukan. Dia juga menyampaikan kepengurusannya terbuka apabila Arsjad Rasjid mendampingi turut berkontribusi dalam kepengurusan baru.

"Sekarang karena sudah diberikan amanat, 14 September jadi Ketua Umum, saya sangat terbuka apabila Pak Arsjad mendampingi saya tentunya di Dewan Pertimbangan," kata dia lagi.

Menurut Anindya hasil dari munaslub yang diselenggarakan Kadin merupakan keputusan yang final.

Hal itu karena forum tersebut merupakan pertemuan tertinggi di sebuah organisasi, serta yang mengusung dirinya merupakan anggota Kadin provinsi, dan anggota luar biasa (ALB).

3. Survei Poltracking: Pemilih Anies Cenderung Pilih Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta

Lembaga survei Poltracking Indonesia merilis hasil sigi terbaru kencenderungan pilihan pemilih di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta.

Berdasarkan survei terbaru, Poltracking menemukan sebaran suara pemilih para pemilihan presiden 2024 tidak liniar dengan hasil di pilkada 2024.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda dalam rilis survei mengatakan mayoritas pemilih Anies - Muhaimin cenderung memilih Ridwan kamil - Suswono. Sebanyak 45,4% pemilih Anies menyatakan memilih Ridwan Kamil.

Sebanyak 31,2% memilih Pramono Anung - Rano Karno dan 6,7% yang memilih pasangan Dharma Pongrekun - Kun Wardana.

"Pemilih Anies di Pilpres lebih banyak ke Ridwan Kamil baru ke Pramono kecenderungannya," ujar Yuda.

Sementara itu pemilih Ganjar Pranowo - Mahfud MD cenderung memilih Pramono dengan persentase 53,2%.

Dari segi kepuasan terhadap kinerja Anies, survei poltracking menunjukkan pemilih yang puas dan tidak puas dengan kinerja Anies sama-sama cenderung memilih Ridwan Kamil.

4. Kabinet Prabowo segera Terbentuk, Juru Bicara Ungkap Kriteria Menteri Terpilih

Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Amzar Simanjuntak, menjelaskan pembiacaraan mengenai nama-nama yang akan duduk menjadi menteri di kabinet pemerintahan periode 2024-2029 makin intens dibahas.

Dahnil menyebutkan terdapat tiga kriteria bagi calon menteri yang akan duduk di kabinet pemerintahan Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka.

"Pak Prabowo memberikan kesempatan bagi siapa pun yang ingin berkontribusi dalam pemerintahan bila bisa memenuhi syarat yang diberikan," kata Dahnil saat ditemui usai acara Deklarasi Ormas dan Pengukuhan Pengurus Besar Matahari Pagi Indonesia di Jakarta, Sabtu (28/9).

Dahnil menjelaskan kriteria pertama bahwa calon menteri dalam kabinet harus memiliki integritas. Hal itu diperlukan seiring dengan komitmen Prabowo yang ingin memberantas korupsi.

Kriteria kedua adalah harus memiliki kompetensi. Menurut Dahnil, sejak awal Prabowo ingin membentuk kabinet yang diisi orang yang ahli di bidangnya. Ia ingin punya kabinet dengan menteri yang mengurus berbagai hal spesifik dalam pemerintahan, sehingga calon menteri Prabowo nantinya harus memiliki kompetensi.

Selanjutnya kriteria ketiga yaitu harus loyal. Dia menyebutkan loyalitas penting bagi Prabowo, karena Ketua Umum Partai Gerindra tersebut ingin memastikan kapten dalam koalisi pemerintahan merupakan Prabowo.

5. Harga Emas Antam (ANTM) Stabil di Level Tinggi Pekan Ini

Harga emas logam mulia PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) menunjukkan tren stabil di level yang relatif tinggi. Pada Sabtu (28/9), harga emas Antam tetap berada di Rp 1.461.000 per gram, sama seperti harga pada Jumat (27/9).

Tidak ada perubahan signifikan pada hari-hari tersebut, meskipun harga satuan emas dengan ukuran yang lebih kecil, yakni 0,5 gram, tercatat di angka Rp 780.500.

Namun untuk ukuran 10 gram, harga emas mengalami kenaikan, dari Rp 14.105.000 pada hari sebelumnya menjadi Rp 14.140.000. Sementara itu, untuk emas dengan ukuran terbesar, yakni 1.000 gram, masih berada di Rp 1.401.600.000.

Jika melihat lebih jauh ke hari sebelumnya, pada Kamis (26/9), harga emas Antam berada di angka Rp 1.463.000 per gram, sedikit lebih tinggi dibandingkan Jumat dan Sabtu. Harga ini tidak berubah sejak Rabu (25/9), ketika harga emas naik sebesar Rp 20.000 dari Selasa (24/9), yang berada di level Rp 1.443.000 per gram.