Pasar Domestik Lesu, Target Penjualan Mobil Dipangkas Jadi 1 Juta

Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi mobil Toyota di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di Gedung Nusantara 2, ICE BSD,  Tangerang,  Banten (18/7/2019).
Penulis: Rizky Alika
Editor: Ekarina
18/9/2019, 16.59 WIB

Penjualan mobil domestik pada Januari hingga Agustus 2019 mencapai 660.286 unit atau turun 13% dibandingkan periode yang sama 2018 sebanyak 763.444 unit. Dengan kondisi pasar yang lesu, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pun menurunkan target penjualan dari 1,1 juta unit menjadi 1 juta unit sepanjang tahun ini.

"Gaikindo sudah revisi target 2019 menjadi 1 juta unit. Mudah-mudahan bisa tercapai hingga akhir tahun," kata Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto kepada katadata.co.id, Rabu (18/9).

Menurutnya, penjualan tersebut akan didorong oleh peluncuran kendaraan baru saat perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Juli lalu. Selain itu, penurunan bunga acuan Bank Indonesia juga diharapkan bisa kembali menggairahkan permintaan kredit kendaraan bermotor.

(Baca: Toyota Astra Prediksi Target Penjualan 1,1 Juta Mobil Tak Tercapai)

Ia pun menilai, penjualan mobil pada tahun ini relatif lesu salah satunya karena adanya pemilihan umum (pemilu). Hal ini membuat sejumlah pihak menunda (wait and see) pembelian kendaraan bermotor.

Selama Agustus 2019, penjualan mobil domestik mencapai 90.403 unit. Jumlah tersebut juga menurun 11,5% dibandingkan penjualan tahun lalu sebesar 102.197 unit. "Memang daya beli menurun cukup banyak," ujar Jongkie.

Penurunan penjualan terjadi baik pada hampir seluruh merek kendaraan. Tak terkecuali oleh pemegang pangsa pasar otomotif terbesar di bawah grup PT Astra International Tbk (ASII) yang membukukan penjualan sebanyak 46,9 ribu unit atau turun 8,7% secara tahunan.

Penjualan Toyota Astra, pada Agustus mencapai 29,1 ribu unit atau turun 6,8% dibandingkan tahun lalu periode yang sama. Kemudian, Daihatsu menjual kendaraan sebanyak 15,4 ribu unit atau turun 11,9% secara tahunan.

Selanjutnya, penjualan Isuzu turun 9,4% dibandingkan tahun lalu menjadi 2,3 ribu unit serta Peugeot, yang penjualannya stagnan dibandingkan Agustus 2018 yaitu 10 unit.

Meski penjualan menurun, pangsa pasar Astra naik menjadi 52% dibanding Agustus tahun lalu yakni sebesar 50%.

(Baca: Dirut Astra Prediksi Penjualan Mobil Tahun ini Turun 10%)

Adapun untuk segmen kendaraan non-Astra, penjualan terbanyak masih dipegang merek Mitsubishi, yaitu 14,24 ribu unit. Namun, penjualan Mitsubishi periode Agutus juga menurun 16,9% secara tahunan.

Kemudian, penjualan Honda mencapai 11,9 ribu unit atau turun 19,8% secara tahunan, Suzuki 8,6 ribu unit atau turun 19,8%. Sebaliknya, penjualan Nissan mencapai 1,2 ribu unit atau melonjak tajam dibandingkan tahun lalu sebanyak 85 unit.

Reporter: Rizky Alika