Riset KIC-Kredivo: Produk Busana Paling Laris di E-Commerce

Stanisic Vladimir/123rf
Ilustrasi e-commerce
4/8/2020, 16.31 WIB

Riset Kredivo dan Katadata Insight Center (KIC) menunjukkan, penjualan produk busana (fashion) merupakan yang tertinggi di e-commerce. Alhasil, semakin banyak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di industri tekstil yang memasarkan produknya di platform digital.

Porsi penjualan produk busana mencapai 30% dari total transaksi. Sedangkan produk kecantikan 16%.

"Produk fashion itu favorit, baik bagi laki-laki dan perempuan," kata Direktur Riset KIC Mulya Amri saat konferensi pers secara virtual, Selasa (4/8).

Secara rinci, produk yang paling banyak dibeli oleh konsumen laki-laki secara berurutan yakni busana, pulsa, gawai, dan otomotif. Sedangkan perempuan yaitu busana, kesehatan dan kecantikan, peralatan rumah tangga, dan makanan.

Mengacu pada laporan McKinsey & Company yang berjudul 'The State of Fashion 2019', konsumen ingin produk fashion dan kecantikan terbaru di platform e-commerce dengan harga yang terjangkau. Apalagi, ada bergaam model dan merek busana yang tersedia di e-commerce.

Oleh karena itu, kedua produk ini diburu saat festival belanja seperti Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12, Single’s Day 11.11 dan Super Shopping Day 9.9.

Meski begitu, penjualan produk gawai dan elektronik menjadi yang paling besar dari sisi nilai transaksi. "Ini wajar karena gadget harganya lebih mahal," kata Amri.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan