Perusahaan e-commerce asal Singapura, Lazada menyiapkan jutaan voucer selama pesta diskon 11.11. Nilainya ratusan ribu rupiah hingga Rp 1,1 juta.
Voucer tersebut bisa digunakan tanpa minimal pembelian selama 1-11 November. "Dari kami, ada jutaan voucer. Dari penjual lebih banyak lagi, jutaan bahkan sampai ratusan juta," kata SVP Traffic Operations and Sellers Engagement Haikal Bekti Anggoro saat konferensi pers virtual ‘Festival Belanja 11.11’, Kamis (5/11).
Selain voucer, Lazada menggelar Crazy Flash Sale 11 kali dalam sehari dan promo gratis ongkos kirim (ongkir) ke seluruh Indonesia. Perusahaan juga memberikan diskon hingga 99% pada ribuan produk.
E-commerce Singapura itu pun menggaet selebritas Korea Selatan, Lee Min Ho sebagai duta merek (brand ambassador). Selain itu, menyediakan hiburan seperti gim eksklusif, Happy Bounce dengan koin dan voucer yang dapat digunakan saat berbelanja.
Perusahaan juga menggaet 45 mitra logistik dan mengandalkan 40 ribu lebih staf untuk mengantisipasi lonjakan permintaan. Selain itu, mengoperasikan 15 lebih fasilitas gudang, serta 400 fulfillment center dan hub.
"Banyak konsumen beralih ke e-commerce saat pandemi Covid-19. Pertumbuhan akan baik," kata Chief Marketing Lazada Monika Rudijono. "Target kami tahun ini transaksi terus bertambah."
Tahun lalu, Lazada mencatatkan pertumbuhan dua kali lipat dari sisi jumlah pesanan, penjual, dan pembeli dalam satu hari saat pesta belanja. Produk yang laris manis yakni busana wanita, sepatu laki-laki, produk kecantikan, serta kategori ibu dan anak.
Secara spesifik, produk yang paling banyak terjual pada 11.11 tahun lalu yakni popok bayi Mamypoko, Redmi Note 8 dan Vaseline lotion healthy white UV Lightening.
Festival belanja 11.11 atau Single’s Day merupakan program rutin induk Lazada, Alibaba sejak 2009. Raksasa Tiongkok itu beberapa kali mencetak rekor transaksi bruto (gross merchandise value/GMV) dalam sehari. Pada tahun lalu misalnya, mencapai 268,4 miliar yuan atau setara Rp 538,5 triliun.
Pada tahun ini, Alibaba akan menghadirkan lebih dari 14 juta produk dari sekitar 250 ribu merek (brand). Alibaba juga berkolaborasi dengan hampir 1.000 brand internasional melalui platform Tmall Global.
Sebanyak 800 juta konsumen diperkirakan berpartisipasi di festival ini. "Tahun ini kami ingin memulai dengan sesuatu yang baru, lebih banyak inovasi. Meredefinisi 11.11 sebagai siklus baru," ujar Chief Marketing Officer Alibaba Group Chris Tung saat konferensi pers virtual, Oktober lalu (29/10).
Selama 1-3 November kemarin, Tmall dan Taobao menjual 110 juta gelas kopi dan 80 juta buah segar dalam satu jam. Selain itu, 28,8 juta kemasan kacang-kacangan, 4,2 juta kg beras, 2,5 juta kg teh, 1,15 juta kg daging, 1,95 juta butir telur, dan 1,6 juta timun laut terjual dalam 60 menit.
Kosmetik merupakan kategori populer pada periode awal 11.11 tahun ini. Dalam 40 menit, penjualannya mencapai 10 miliar yuan atau tumbuh 150% secara tahunan (year on year/yoy).
Alibaba juga mencatatkan lonjakan penjualan produk elektronik dan gawai. Transaksi Huawei, Midea, dan Haier menyentuh 100 juta yuan dalam semenit setelah periode belanja pertama dimulai.