Riset: Shopee Juara di Aplikasi, Tokopedia di Situs Web

Shopee, Tokopedia, Katadata/Desy Setyowati
Platform Shopee dan Tokopedia
29/3/2022, 11.22 WIB

Riset iPrice menunjukkan, Shopee menjadi aplikasi e-commerce paling populer di App Store maupun Google Play Store tahun lalu. Sedangkan Tokopedia unggul dari sisi kunjungan situs web.

iPrice merilis riset terkait pergeseran di industri e-commerce Indonesia sepanjang tahun lalu. iPrice memberi peringkat kepada 10 e-commerce terbesar di Tanah Air, berdasarkan dua kategori yakni popularitas aplikasi dan tingkat kunjungan situs web. 

Data terkait aplikasi belanja online populer diambil dari Data.ai. Ini mengacu kepada popularitas aplikasi di toko aplikasi App Store dan Google Play Store.

Hasilnya, "Shopee berhasil mempertahankan posisinya sebagai aplikasi e-commerce terpopuler di App Store maupun Google Play Store sepanjang 2021," kata iPrice dalam risetnya, kemarin (29/3).

Di App Store, Tokopedia menempati posisi kedua. Sedangkan Lazada ketiga.

Di Google Play Store, Lazada di posisi kedua. Selanjutnya, Sociolla dan Tokopedia.

Menurut iPrice, e-commerce mengandalkan fitur game koin bonus dan live streaming guna mendongkrak popularitas aplikasi.

Beberapa di antaranya mengembangkan layanan pesan-antar makanan dan kebutuhan pokok. Ini untuk meningkatkan aktivitas pengguna aplikasi.

Berdasarkan kategori situs web, Tokopedia mengungguli e-commerce lainnya. iPrice menganalisis data rerata total kunjungan masing-masing platform di SimilarWeb.

"Tokopedia mendominasi sebagai situs web e-commerce yang paling banyak dikunjungi sepanjang 2021," kata iPrice.

Tokopedia mencatatkan 149,6 juta kunjungan mengalahkan Shopee yang mencapai 131,8 juta kunjungan. 

Di posisi ketiga ada Bukalapak dengan 29,8 juta kunjungan. Lalu, Lazada 28,5 juta dan Blibli 17,5 juta kunjungan.

iPrice mencatat, e-commerce mengandalkan pesta diskon guna mendongkrak kunjungan situs web. Selain itu, bekerja sama dengan influencer lokal maupun internasional. 

"Ini menjadi strategi yang diandalkan untuk menarik konsumen e-commerce," kata iPrice.

Tahun lalu, Tokopedia gencar menggandeng artis internasional, seperti BTS dan Blackpink. CEO Tokopedia William Tanuwijaya mengatakan, penunjukkan kedua grup idola asal Korea Selatan ini memberikan keuntungan bagi perusahaan. 

"Saat kami mengajak tokoh dunia seperti BTS dan Blackpink, setiap bulan bisa world wide trending topic," ujar dia dalam Wealth Wisdom 2021: Step Up To The New Creative Economy, tahun lalu (18/9/2021).

William bercerita, BTS dan Blackpink memiliki pengaruh yang besar. Kedua grup musik asal Korea Selatan ini dapat diajak untuk mengangkat produk Indonesia di panggung dunia.

"BTS itu bisa diajak misalnya, minum susu cokelat atau susu pisang khas Indonesia, sehingga produk lokal dapat terangkat," katanya.

BTS dan Blackpink hadir dalam acara Waktu Indonesia Belanja (WIB) TV Show yang digelar setiap akhir bulan. Program ini dibuat untuk mendorong penjualan mitra Tokopedia yang sebagian besar menjual produk-produk lokal.

"Kami tahu permintaan harus didorong karena itu setiap tanggal 25 hingga akhir bulan setiap masyarakat Indonesia gajian kami membuat program untuk mendorong mereka berbelanja, terutama produk lokal," katanya.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan