Daftar Tanggal dengan Penjualan Terbanyak di E-Commerce RI pada 2021

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Warga memilih barang-barang belanjaan yang dijual secara daring di Jakarta, Jumat (27/12/2019).
2/6/2022, 17.01 WIB

Riset Kredivo dan Katadata Insights Center (KIC) menunjukkan, ada 10 tanggal yang mencatatkan jumlah transaksi terbanyak di e-commerce selama tahun lalu. Empat di antaranya tanggal cantik.

Riset bertajuk Perilaku Konsumen E-Commerce Indonesia itu dilakukan menggunakan analisis data primer terhadap lebih dari 16 juta sampel transaksi e-commerce oleh 1,5 juta pengguna Kredivo. Transaksi dilakukan selama tahun lalu di lima platform yakni Bukalapak, Tokopedia, Lazada, JD.ID, dan Blibli.com.

Hasilnya, ada 10 tanggal yang mencatatkan transaksi terbanyak selama tahun lalu.  Head of KIC Adek Media Roza mengatakan, empat dari 10 tanggal di antaranya merupakan tanggal cantik, seperti 11.11 atau 12.12.

"Saat itu, ada banyak promo dari e-commerce. Ini menunjukkan festival belanja masih menjadi pemicu transaksi saat ini," kata Adek dalam konferensi pers virtual, Kamis (2/6).

Rincian tanggal dengan transaksi tertinggi di e-commerce yakni:

  1. 12.12 atau Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), volume transaksi naik 1,97 kali dibandingkan rata-rata transaksi harian
  2. 11.11 meningkat 1,94 kali
  3. 9.9 melonjak 1,42 kali
  4. 10.10 naik 1,35 kali. 
  5. 2 Desember meningkat 1,29 kali
  6. 1 Desember melonjak 1,29 kali
  7. 13 Desember naik 1,27 kali
  8. 3 Maret meningkat 1,25 kali
  9. 2 November melonjak 1,24 kali
  10. 3 Mei naik 1,24 kali

Riset juga mengungkapkan produk yang paling banyak dibeli selama 10 tanggal favorit itu yakni busana, pulsa dan voucer, kecantikan, serta kesehatan. 

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan